3/3 : Jika Menumpang di Rumah Orang Lain

Bujang Dare pasti pernah menumpang tinggal di rumah orang lain selama 1 atau 2 hari karena liburan? Atau saat sedang menjadi mahasiswa KKN Bujang Dare harus tinggal menumpang di rumah kepala desa?Mungkin juga saat berkuliah harus tinggal bersama kerabat di kota lain atau nge-kos? Pasti pernah ya. Mau tidak mau harus hidup bersama dengan banyak orang dengan berbgai kepribadian. Apalagi kalau di tempat Bujang Dare menginap itu ada orang dewasa yang sudah punya banyak pengalaman hidup dan sangat memegang nilai serta norma-norma, wah harus berbijak sikap dong. Sebaiknya Bujang Dare memang harus memperhatikan sikap dan cara hidup selama menumpang di rumah orang lain semisal:
  • Beri tanda khusus pada barang pribadi Bujang Dare. Karena Bujang Dare tinggal dengan banyak orang, pasti barang-barang yang ada juga banyak. Biar tidak tertukar dengan yang lain, ada baiknya barang pribadi diberi label nama kamu atau tanda. Misalnya, saat menyimpan makanan di kulkas juga peralatan mandi.
  • Menumpang atau tidak, beres-beres rumah hukumnya wajib. Ini penting loh, supaya tempat tinggal bersih dan rapi. Manfaat lain bagi Bujang Dare yang tinggal menumpang yaitu memberi kesan yang baik bagi si tuan rumah. Jangan sampai tuan rumah berkomentar, “Ruang depan kotor sekali.” padahal ruang depan itu tempat nongkrong Bujang Dare bersama teman-teman.
  • Biasakan bangun pagi. Bujang Dare pasti tidak ingin di cap "si pemalas'. Jadi bangun pagi dan mulai beraktivitaslah; semisal beres-beres rumah dan membuat sarapan untuk tuan rumah. Sesekali tunjukkanlah itikad baik dan bentuk terima kasih karena telah diberikan tumpangan tempat tinggal yang memadai.
Jika sikap Bujang Dare sudah dianggap baik oleh tuan rumah, jangan sampai beberapa hal di bawah ini merusak anggapan itu.
  • Sering pulang malam atau di atas jam malam yang telah ditentukan tuan rumah. Saat penghuni rumah yang lain tidur, Bujang Dare malah baru bangun. Dan saat yang lain bangun, Bujang Dare baru mau tidur. Takutnya, Bujang Dare dicurigai melakukan hal-hal yang tak baik di luar sana. Berikanlah pengertian kepada tuan rumah jika aktivitas Bujang Dare menuntut pulang larut malam.
  • Sering "ngumpet" di kamar. Akibatnya Bujang Dare jadi kurang bersosialisasi dan jadi tuan rumah tersinggung karena Bujang Dare mengeksklusifkan diri di dalam kamar. Belum lagi kalau "ngumpet"-nya saat orang lain lagi sibuk beres-beres rumah.
  • Lupa tutup pintu kamar. Walaupun Bujang Dare sudah akrab dengan tuan rumah maupun penghuni rumah yang lain, Bujang Dare harus tetap menjaga area kamar tidur yang sangat pribadi. Sebelum pintu kamar terbuka lebar, pastikan kondisi kamar sudah wangi, bersih dan rapi. Tapi kalau sebaliknya, jangan deh. Bujang Dare bisa jadi omongan satu rumah.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to 3/3 : Jika Menumpang di Rumah Orang Lain

rasyid mukhtabar said...

3/3 nye sering2 diupdate yee min :D

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.