Tips 3/3: Memilih helm




Lisa mau mengingatkan Bujang Dare dulu, nih, terutama yang sebentar lagi akan meninggalkan temat tinggal untuk beraktivitas, pastikan rumahnya dalam keadaan aman dulu. Selain itu, untuk yang menggunakan kendaraan roda dua, jangan lupa gunakan helm. Fungsi helm ini adalah untuk melindungi kepala pengendara dari benturan serius saat terjadi kecelakaan. Karena fungsinya yang gak main-main ini Bujang Dare juga perlu memperhatikanya dengan baik. Ini dia 3 hal yang dianjurkan untuk Bujang Dare lakukan:

  1. Harga biasanya berbanding dengan kualitas. Helm yang bagus memang mahal. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang ekstra namun terkait dengan keselamatan jiwa Bujang Dare, bukan? Yang harus Bujang Dare sadari, bahwa helm yang dibeli, bukan berfungsi untuk menghindari sempritan petugas, tetapi untuk keselamatan. Saat ini sudah banyak produk helm yang berkualitas dengan harga lebih terjangkau.
  2. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan ukuran kepala Bujang Dare. Seperti memilih pakaian yang dijual di toko, helm pun memiliki ukuran mulai dari S, M, L, XL hingga XXL. Oleh karena itu pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala kita agar lebih nyaman dipakai.
  3. Sebaiknya pilih kaca pelindung helm (visor) yang transparan agar helm tetap optimal saat dipakai berkendara malam hari. Pilih juga helm dengan visor yang mudah dilepas pasang agar gampang dibersihkan. Jagalah kebersihan visor agar tidak mengganggu penglihatan. 

Tentu saja helm yang Lisa maksud adalah helm standar. Helm tidak hanya berfungsi melindungi wajah dan mata/ tetapi harus dapat melindungi kepala dengan aman dan nyaman. Ada 3 hal umum yang membuat helm Bujang Dare jadi tidak nyaman dikenakan. Hindari 3 hal ini jika Bujang dare memperhatikan helm dan kenyamanan berkendara Bujang Dare:

  1. Helm yang lembab, berpotensi menjadi tempat bersarangnya berbagai bakteri dan kuman. Selain akan menimbulkan aroma yang tak sedap. bakteri juga dapat berpindah ke kulit kepala dan kulit wajah serta memicu gatal-gatal yang justru akan sangat mengganggu konsentrasi.
  2. Lupa jemur helm di bawah sinar matahari. Menjemur di bawah terik matahari memang ampuh untuk mempercepat proses pengeringan dan cara ini juga efektif membunuh kuman serta menghilangkan bau tak sedap. Tetapi menjemur helm terlalu lama di bawah terik matahari  juga akan mempercepat lapuknya spons. Jika ingin menjemur helm, sebaiknya lakukan pada pagi hari di bawah jam 10.
  3. Setelah dipakai, meletakkan helm dalam keadaan tertelungkup. Letakkan helm dalam posisi yang memungkinkan udara bersirkulasi di bagian dalam helm. Bila perlu bantu dengan kipas angin, terutama setelah digunakan di musim hujan.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.