Tips 3/3: Memilih transportasi umum



Bagaimana supaya Bujang Dare aman selamat sampai tujuan menggunakan kendaraan umum? Yuk, simak tipsnya. Ada 3 yang perlu Bujang Dare perhatikan:

  1. Selektif dan hati-hati dalam memilih alat tranportasi. Kalau naik angkot seperti mikrolet, pastikan kacanya tidak gelap. Yang terlihat lebih dulu kan kacanya. Lihat dulu penumpang lainnya bertampang mencurigakan tidak. Terus stiker-stiker di mikrolet berbau porno tidak. Misal tidak jadi naik angkot paling diomelin sama supirnya. Atau ketika sudah di dalam angkot tiba-tiba merasa suasananya mencurigakan lebih baik turun. Saat naik pilih duduk yang paling dekat pintu. Sedangkan kalau naik taksi pilih taksi yang aman dan terpercaya. Ada beberapa perusahaan taksi yang standar operasinya bagus dan memperhatikan kemanan dan kenyamanan konsumen. Ingat, jangan tertidur di angkot ya, Bujang Dare. Bahaya! Selain bisa kelewatan juga memudahkan penjahat melakukan aksi kejahatannya.
  2. Penting untuk belajar bela diri, Bujang Dare! Minimal teknik dasar perlindungan diri. Sekarang banyak kursus-kursus singkat untuk self defense. Bahkan bukunya juga ada. Tapi lebih aplikatif kalau belajar secara langsung. Selain kita, ajak anggota keluarga lain untuk belajar juga.
  3. Siapkan alat perlindungan diri. Misal payung, semprotan bubuk merica, pistol kejut. Semprotan bubuk merica dan pistol kejut bisa kita beli. Atau kalo semprotan bisa buat sendiri. Dibanding payung mungkin semprotan lebih efektif. Bayangin saja gimana sakitnya mata kena panasnya merica. Pas nyemprot arahkan ke mata. Juga selalu bawa alat komunikasi yang kita miliki,misal handphone. Setidaknya ponsel bisa kita pakai dalam situasi darurat dan memudahkan komunikasi jarak jauh.

Lantas apa 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare hindari kalau hendak berpergian dengan kendaraan umum? Ini dia:

  1. Lupa berdoa sebelum Bujang Dare bepergian. Doa adalah harapan dan permohonan kepada Tuhan. Dalam agama apapun, doa memegang peranan terpenting untuk memohon perlindungan dari yang Maha Kuasa. Selain itu juga  jangan lupa ijin ke orang tua atau orang terdekat kita. Sebisa mungkin kemana pun pergi, anggota keluarga yang lain tahu tempat tujuan Bujang Dare.
  2. Memakai baju yang minim bahan. Walaupun sekarang lagi mode celana pendek dan baju ketat a la artis, memakai baju seperti itu di angkot atau jalan raya justru akan membahayakan diri sendiri. Sebenarnya di mana pun, berpakaian seperti ini, justru merugikan kaum perempuan. Selain pencopet di sarana transportasi umum juga banyak penjahat seksual.
  3. Memakai perhiasan mencolok dan berlebihan. Pandangan pertama penjahat biasanya nilai rupiah yang ada pada diri kita terlebih dulu. Kalau kita pakai berbagai perhiasan meski imitasi tetap menarik perhatian penjahat. Secara sepintas kan sulit dibedakan emas asli dan imitasi. Amannya sederhana saja.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.