3/3: Pilah-Pilih Warna Cat Untuk Kamar & Bukan Kamar


Pemilihan warna cukup penting dalam penataan rumah. Bukan hanya untuk nilai estetika saja, tapi membuat Bujang Dare dan anggota keluarga lebih nyaman. Setiap warna punya fungsi dan karakter sendiri. Ada yang bersifat menenangkan, memberi energi atau memicu agresifitas. Oleh karena itu memilih warna sebaiknya disesuaikan dengan fungsi ruangan di rumah. Simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Hijau Muda
Hijau muda merupakan warna ideal untuk kamar tidur. Memberikan efek segar tapi penuh ketenangan. Unsur warna kuning (hijau merupakan warna sekunder perpaduan biru dan kuning) memberikan nuansa nyaman dan sehat pada ruangan yang membuat Bujang Dare tidur lebih nyenyak.

2. Pink
Cat warna pink pada dinding kamar untuk memberi kesan hangat, girlie, lembut dan ceria. Meskipun tergolong warna hangat, pink ternyata punya efek menenangkan. Warna ini bahkan digunakan di beberapa penjara di luar negeri agar tahanan tidak berlaku agresif. Lebih cocok untuk kamar anak perempuan.

3. Biru Muda
Biru merupakan warna yang cocok untuk kamar anak lelaki. Warna sejuk ini punya efek menenangkan dan bisa membantu Bujang Dare tetap fokus pada sesuatu yang sedang dikerjakan. Itulah sebabnya biru sering dikaitkan dengan produktivitas. Pilih warna dusty blue, biru laut atau biru telur asin untuk dinding. Biru muda juga cocok untuk kamar anak lelaki.

Sebaiknya Bujang Dare hindari memilih beberapa warna ini untuk pilihan cat kamar tidur:

1. Kuning
Cocok untuk warna dapur karena membuat ruangan lebih terang, meningkatkan energi dan metabolisme. Warnanya memberi Bujang Dare semangat untuk bergerak ketika memasak makanan untuk keluarga. Tapi jangan gunakan untuk kamar tidur bayi karena jika terlalu lama melihat warna ini, mata akan menegang dan lelah.

2. Ungu Lavender
Gunakan warna ungu lavender untuk ruang keluarga, karena bisa menenangkan urat syaraf dan memberi efek relaksasi. Selain itu juga menambah kesan megah saat berada di rumah karena ungu sering diasosikan dengan kesejahteraan dan kebijaksanaan. Selain ruang keluarga, warna ini juga cocok untuk ruang tamu.

3. Merah
Merah bisa memicu nafsu makan, jadi cocok untuk ruang makan. Itulah sebabnya banyak restoran yang menggunakan warna ini sebagai desain interior untuk menarik pembeli.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.