3/3 : Langkah Sehat Menambah Berat Badan


Program menaikkan berat badan bisa dimulai dengan mencukupi asupan kalori. Anda memerlukan kalori lebih daripada yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat ideal. Rata-rata wanita memerlukan sekitar 2000 kalori setiap harinya. Lakukanlah diet kaya kalori namun sehat. Ini dia langkah-langkah sehat menambah berat badan yang bisa Bujang Dare coba:

a. Karbohidrat Kompleks
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Jika ingin menaikkan berat badan, Anda harus mengonsumsi cukup karbohidrat. Sumber karbohidrat yang baik berasal dari buah, sayuran dan gandum utuh. Karbohidrat sehat juga bisa didapat dari nasi merah, kentang rebus, roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh.

b.  Protein Rendah Lemak
Tubuh Anda perlu protein untuk pembentukan otot, stuktur organ dan menjaga fungsi sistem imun tubuh. Anda perlu cermat memilih sumber protein sehat, misalnya dari daging ikan, telur, susu, ayam dan kacang-kacangan. Boleh saja mengonsumsi daging merah, tapi batasi hanya dua kali seminggu. Pilihlah daging potong segar dan hindari yang olahan seperti sosis, daging asap, pepperoni atau burger.

c. Lemak Sehat
Lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi, menjaga kesehatan rambut, kulit dan fungsi syaraf. Dan, tentu saja, berkontribusi pada penambahan berat badan. Tapi Anda harus cermat, konsumsilah lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda; omega-3 dan omega-6. Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon, kacang-kacangan, minyak zaitun dan buah berlemak seperti alpukat.

Lengkapi juga dengan vitamin yang bisa didapat dari sayur dan buah-buahan. Mineral, dan ingat selalu dengan air putih.

Kalau yang berikut ini 3 hal yang sebaiknya dihindari untuk Bujang Dare yang mau menambah berat badan:

a. Lemak Jahat
Hindari lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Anda ingin menambah berat badan, tapi Anda tidak ingin berat badan yang Anda dapatkan hanya lemak, ‘kan? Untuk itu, batasi konsumsi kue, keripik, permen, makanan gorengan, apalagi junk food. Konsumsilah lemak baik, entah itu dari ikan tuna (dan ikan laut lainnya), minyak.

b. Kurang tidur
Perbanyaklah istirahat dan tidur Anda. Ini adalah salah satu tips menambah berat badan termudah namun paling sering diabaikan. Tidur minimal 8 jam setiap malam diperlukan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

c. Kurang Minum Air
Minum 8 gelas air sehari dibutuhkan untuk membuat Anda tetap berenergi dan mengoptimalkan metabolisme tubuh Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk stamina kurang di gym, sehingga hasil latihan Anda untuk menambah berat badan pun kurang.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to 3/3 : Langkah Sehat Menambah Berat Badan

vina devina said...

hmmm justru saya pengen ngurangin berat badan nih

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.