3/3: Jaga Kesehatan Gigi


Kerusakan pada gigi biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen dan sejenisnya. Segala makanan yang mengandung karbohidrat (termasuk gula) memang dapat membuat gigi berlubang. Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam sehingga merusak email gigi dan membuatnya berlubang. Oleh sebab itu, Bujang Dare harus rajin melakukan perawatan gigi. Ini beberapa tips untuk meminimalisir jumlah asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selain karbohidrat Bujang Dare juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat.

2. Beri Jeda Antara Makan Besar & Ngemil
Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 – 40 menit.

3. Air Mineral
Minumlah air yang mengandung mineral dan florida. Air dan florida akan membantu membersihkan dan melindungi gigi, sera melapisinya dari kumans serta bakteri yang merusak permukaan gigi.
 
Bujang Dare perlu juga menghindari:

1. Minuman Tinggi Gula
Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tambahan. Termasuk juga memakan permen.

2. Merokok
Berhentilah merokok. Tembakau akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan bahkan gangguan mulut lainnya seperti kanker mulut.

3. Jarang Kontrol ke Dokter
Rajinlah memeriksakan gigi Bujang Dare ke dokter gigi, minimal enam bulan sekali. Dokter bisa menganalisa apakah penimbunan plak, lubang atau karies pada gigi. Selain itu Bujang Dare juga bisa mendeteksi tanda-tanda penyakit serius yang bisa terlihat dari kondisi gigi dan gusi.
 

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to 3/3: Jaga Kesehatan Gigi

Ulie said...

wah terima kasih tipsnya ya :-)

.
Salam kenal ya...
di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe

http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.