Radio dapat lagu darimana, sih?

Bisa jadi muncul beragam jawaban untuk pertanyaan di atas. Seperti sangkaan salah satu pendengar kami ini (baca dari bawah ke atas):




Radio mengunduh lagu-lagu yang beredar bebas di Internet? Nanti dulu. Tak semuanya legal, lho. Memang sudah banyak artis yang memberikan secara gratis sebuah lagu barunya untuk kepentingan promosi. Namun jauh lebih banyak lagu-lagu yang bebas beredar secara tak resmi. Peraturan yang longgar dan sulit untuk menindak pelaku, membuat praktek unggah-unduh lagu secara tak resmi ini seperti tak tersentuh hukum.

Bedanya stasiun radio dengan masyarakat pada umumnya, kami memiliki akses khusus ke pihak label yang menaungi para artis.  Radio adalah media promosi. Secara rutin, radio mendapatkan lagu-lagu baru yang hendak dipromosikan oleh pihak label dan artisnya; dengan harapan, radio sering menyetelnya, pendengar mengenalnya, menyukainya lalu berminat untuk membeli lagu tersebut.

Karena pihak label hanya memberikan contoh lagu unggulan, tidak ada jaminan suatu stasiun radio memiliki koleksi lengkap lagu-lagu seorang musisi. Contohnya seperti David Archuleta yang hendak dipesan di atas, tidak tersedia karena kami memang hanya mengoleksi beberapa lagu unggulannya, sesuai materi promo yang dikirimkan pihak label. Berhubung kami pernah memasukkan lagunya ke dalam chart, bukan berarti kami memiliki secara lengkap keenam albumnya.

Jadi, jika muncul sangkaan bahwa radio pasti punya koleksi lagu lengkap, tak selamanya tepat, lho. Kami juga wajib membeli album si musisi jika menganggap karya-karyanya sesuai dengan karakter radio kami. Bukan menyalin seenaknya lagu yang diinginkan, mengingat kami juga punya sikap untuk mendorong pendengar agar selalu membeli rekaman yang asli.

Dengan fakta seperti ini, kami di radio sangat menyayangkan jika ada teman-teman musisi enggan memberikan sampel lagu ke radio. Memang, kami tak tahu persis alasannya, bisa jadi karena tak tahu caranya atau mungkin ada semacam sangkaan, "ah, paling juga nanti ngga disetel." Prasangka yang ngga perlu, tuh. Harusnya pede, dong. Lagu bagus, pasti diputer!

Jadi, kalau ternyata lagu yang dipesan tak tersedia, jangan ngambek yah. Siapkan lagu alternatifnya, kami siap layani Bujang Dare :)


@_temi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.