Tips 3/3: Merawat kulit




Kulit yang sehat menjadi dambaan bagi siapa saja. Mendapatkan kulit yang sehat, tidaklah sulit. Bujang Dare tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar untuk merawat kulit. Nah, berikut akan Febi sampaikan 3 hal yang bisa Bujang Dare lakukan untuk menjaga kulit supaya lebih sehat dan terawat.
  1. Pembersihan. Wajib hukumnya buat membersihkan kulit agar terjaga kelembapannya. karena angin yang menerpa kulit kita menyebabkan debu dan kotoran menyumbat pori-pori dan menambah tebalnya kulit mati di kulit. Cukup dengan secara rutin dan wajar saja, mandi misalnya. Tapi jangan terlalu sering mandi juga,  keseringan mandi bisa bikin kulit makin kekeringan. Cukup mandi 2x sehari, dan gunakan pelembab sesudahnya. Oleskan saat kulit masih terasa sedikit basah, agar kelembaban kulit sempurna.
  2. Memberi nutrisi kulit. Yang pertama adalah dengan mengkonsumsi vitamin yang penting untuk kulit seperti vitamin A, C, dan E. Vitamin tersebut banyak manfaatnya untuk kulit karena dapat mengurangi efek polusi pada kulit dan sebagai antioksidan (pencegahan terhadap kanker kulit). Memperbanyak asupan protein dalam makanan sehari-hari Bujang Dare, misalnya dari daging, telur, dan ikan, karena protein baik untuk menjaga elastisitas tubuh.
  3. Gunakan tabir surya atau sunblock. Sinar matahari mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi kulit kita, tetapi semakin siang sinar matahari  justru menyengat dikulit, efeknya merusakkan kulit. Seperti noda hitam, kerutan dan penuaan dini, sampai kanker kulit. Salah satu perlindungan bagi kulit yang efektif adalah krim tabir surya. Pastikan setidaknya krim yang dibeli memiliki SPF minimal 15. Gunakan pada bagian wajah dan tubuh. Perlu diingat, umumnya krim tabir surya untuk bagian wajah tidak sama dengan tubuh. Masing-masing area memiliki kebutuhan dan sensitivitas yang bervariasi. Jika Bujang Dare akan lama beraktivitas di luar ruangan maka sangat disarankan untuk mengoleskan kembali tabir surya setiap dua sampai tiga jam sekali. Terutama jika tubuh terkena keringat atau air, ini akan menyebakan ketidakstabilan perlindungan tabir surya.

Kericau Pagi masih lanjut dengan tips yang perlu Bujang Dare hindari agar kulit tetap sehat.
  1. Membiarkan kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan akan menyebabkan kulit kering, meski sudah melakukan banyak perawatan, misalnya kurang tidur, kecendrungan minum minuman beralkohol, kebiasaan merokok, dan juga kebiasaan memakan makanan manis Gula pada makanan manis tersebut dapat mempercepat timbulnya keriput karena adanya proses glikasi, yakni reaksi antara kolagen dan gula dalam darah. Membersihkan wajah dengan air panas juga sepertinya terasa sejuk dan menyehatkan, namun kegiatan ini akan membuat kulit menjadi rentan terhadap kemerahan, panas, dan memperbesar pori-pori serta merusak kelembutan pada kulit wajah.
  2. Menggunakan scrub secara berlebihan. Efek dari kulit kering adalah kulit menjadi bersisik. Solusi yang kerap dilakukan untuk menghaluskan kulit kembali dengan menggosok scrub ke tubuh. Jangan terus-menerus menggunakan scrub demi mendapatkan kulit yang cantik secara instan. Hal itu dapat menimbulkan peradangan kulit. Membersihkan kulit dengan kasar tidak dapat menghasilkan apa-apa
  3. Jarang minum air putih. Malas memenuhi jumlah takaran minum air putih dengan berbagai alasan, sebut salah satunya ‘takut keseringan buang air kecil, repot!’. Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Jadi, banyak-banyaklah minum air putih, minimal 8 gelas sehari.  Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Itu dia ya Bujang Dare,  tips “3 atau 3” hari ini mengenai perawatan kulit semoga tips yang sudah Febi sampaikan menjadikan Bujang Dare untuk lebih perhatian terhadap kesehatan kulit.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Merawat kulit

keiko said...

memang kulit tuh harus bener-bener dirawat dan di jaga, bukan hanya cewek saja sih, cowok juga perlu. Tapi kalo menurut saya lebih baik perawatan kulit model terbaru tuh dengan yang alami saja dari pada menggnakan kosmetik sih hahaha

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.