3/3 : Cepat Segar Setelah Bangun Pagi


Sering bangun tidur dengan mata yang masih mengantuk dan tubuh lemas? Padahal Bujang Dare harus bersiap-siap ke kantor atau mengurus anak serta suami di pagi hari. Agar tubuh langsung bersemangat dan tidak lemas begitu bangun pagi, ada tiga langkah yang bisa Bujang Dare lakukan, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA:

a. Minum Air Putih
Awali hari dengan minum segelas air putih bersuhu ruangan (tidak terlalu panas atau dingin). Lalu minum air putih lagi hingga waktunya sarapan. Selain merehidrasi tubuh, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun. Untuk efek yang lebih maksimal, Bujang Dare bisa tambahkan sedikit perasan atau irisan lemon. Lemon memiliki kandungan elektrolit yang sifatnya seperti listrik, menyegarkan tubuh dan tonik bagi liver.

b. Tarik Napas Dalam
Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Saat bernapas, bayangkan hal-hal indah dan menyenangkan. Ulangi hingga lima kali. Cara ini bisa meningkatkan tingkat serotonin (hormon bahagia). Perlu diketahui, dalam menarik napas dalam, yang benar adalah mengambilnya dari perut, bukan diafragma. Untuk memastikan apakah pernapasan dilakukan dengan benar, perut harus membuncit atau mengembang saat menarik napas.

c. Yoga Sederhana
Masih tidak juga bersemangat? Coba lakukan gerakan yoga sederhana seperti downward dog dan plank di pagi hari. Posisi ini akan merevitalisasi organ dalam dan area dada serta perut. Hasilnya, Bujang Dare lebih mudah mendapatkan energi dan semangat untuk berkegiatan.

Selanjutnya, agar tubuh cepat segar di pagi hari, hindari 3 hal ini ya Bujang Dare:

a. Kembali menambah jam tidur
Setelah bangun tidur, jangan tergoda untuk menarik selimut kembali dan bermalas-malasan karena akan membuat Bujang Dare makin lemas. Beranjaklah dari tempat tidur, lakukan stretching dan lari-lari kecil di tempat. Bila rumah Bujang Dare bertingkat dua, turuni dan naiki tangga selama beberapa menit agar tubuh siap bergerak untuk aktivitas berikutnya.

b. Salah Sarapan
Hindari makanan tinggi karbohidrat putih dan gula karena akan membuat gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Hasilnya tubuh akan terasa semakin lemas. Konsumsilah diet seimbang yang kaya protein dan serat, seperti gandum utuh, brokoli rebus atau apel.

c. Menunda Mandi
Air adalah cara lain untuk mendapatkan energi instan. Segera bersihkan tubuh dengan guyuran air segar. Atau minimal membasuh muka dengan air dingin. Pilih sabun yang beraroma segar, seperti lemon atau mint.


Selamat mencoba, Bujang Dare.
Have a nice day :)

Salam semangat @KericauPagi ~

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.