3/3: Saat Stress Jangan Salah Pilih Makanan


Tubuh mendapatkan berbagai vitamin dan zat gizi esensial lainnya dari makanan. Memilih makanan yang tepat bukan hanya menyehatkan tubuh tapi juga akan meredam stres. Kombinasikan dengan olahraga serta kegiatan rileksasi lainnya sehingga hidup terasa lebih bahagia. Untuk menghindari stress, Bujang Dare bisa pilih 3 makanan ini:

a. Oatmeal, semangkuk untuk sarapan
Oatmeal ini kaya akan , vitamin B, magnesium dan serat larut yang membantu Bujang Dare merasa kenyang lebih lama. Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara magnesium dan kesehatan mental. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan iritabilitas, depresi dan kecemasan. Karbohidrat kompleks dalam oatmeal bisa membantu menghasilkan serotonin, yang membantu membuat Bujang Dare tenang dan melawan kecemasan.

b. Kuaci, sebagai cemilan
Biji bunga matahari merupakan sumber magnesium dan folat, yang membantu menghasilkan dopamin, sebuah penyalur impuls saraf (neurotransmitter) di otak yang berhubungan dengan rasa senang yang dirasakan manusia.

c. Cokelat, 
Cobalah cokelat hitam yang kaya akan flavonoid dan membantu rileks. Kandungan penting lainnya adalah  phenethylamine yang membantu meningkatkan suasana hati. Studi juga menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kortisol, salah satu hormon stres utama yang dihasilkan dalam tubuh.

Saat stres, banyak orang 'lari' ke makanan untuk mendapatkan kenyamanan. Tapi beberapa makanan enak dan lezat justru bisa menambah tingkat stres. Saat mood tidak stabil, sebaiknya hindari konsumsi 3 jenis makanan ini:

a. Makanan Pedas
Saat stres, sistem pencernaan tubuh akan terganggu. Hal itu akan semakin parah apabila Bujang Dare mengonsumsi makanan pedas. Selain itu makanan pedas juga memproduksi gas yang membuat perut tidak nyaman. Belum lagi jika perut termasuk sensitif terhadap cabai atau merica yang bisa membuat sakit perut. 

b. Kopi
Banyak orang, jika mereka panik biasanya akan pergi ke coffee shop untuk minum  kopi. Padahal kopi malah akan membuat seseorang sangat gelisah, bahkan lebih dari sebelumnya. Apapun jenis kopinya, seperti vanilla latte atau mocha yang mengandung sirup manis dan espresso  mempunyai efek yang sama dalam hal meningkatkan stres. Kopi yang tinggi akan kafein membuat Bujang Dare sulit tidur.

c. Permen Karet
Permen karet dan permen yang menggunakan perasa buatan dapat memperparah tingkat stres dan membuat pencernaan terhambat. Makanan seperti permen karet dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman yang dapat menambah tingkat stress.

Tapi sebaiknya sih kita tidak gampang stress ya, Bujang Dare. Agar setiap makanan terasa lezat ketika disantap. :)

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.