3/3: Sebelum Berolahraga Sebaiknya ...

Ketika Bujang Dare mulai terbiasa berolahraga, segalanya memang menjadi menyenangkan. Tubuh jadi lebih bugar, dan jadi lebih bersemangat. Namun hanya karena begitu bersemangat, jangan lantas melakukan kebiasaan-kebiasaan ini menjelang olahraga. Kesalahan yang dilakukan bisa membuat sesi latihan jadi lebih sulit atau lebih berat, jadi sebaiknya hindari 3 hal ini:

a.  Langsung berolahraga.
Memang sulit menemukan waktu untuk olahraga di sela-sela kesibukan. Namun, begitu mendapat kesempatan untuk olahraga, sebaiknya jangan langsung berlatih dan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, misalnya lima menit berjalan di atas treadmill, atau lakukan gerakan-gerakan pemanasan seperti biasa.

b. Terlalu banyak makan.
Misalnya, sehabis makan siang, lalu langsung berolahraga di gym. Perut pasti terasa tak nyaman selama berlatih. Selain itu, tubuh akan menggunakan energi untuk memecah makanan, membuat tubuh terasa terlalu lamban. Sebaiknya, makan kudapan ringan dulu 30 menit sebelum olahraga, dilanjutkan makan siang setelah berolahraga.

c. Minum energy drink.
Minuman berenergi umumnya mengandung banyak gula. Akibatnya, terjadi lonjakan gula darah dan kemudian menurun secara dramatis di tengah-tengah latihan. Hal ini bisa membuat tubuh lemas.

Jadi, apa yang sebaiknya Bujang Dare lakukan sebelum berolahraga. Ini di bocorannya:

a. Makan sebelum olahraga
Sebelum melakukan gerakan olahraga, tubuh memerlukan asupan karbohirdrat dan protein. Karbohidrat memberi energi selama latihan dan protein menjaga nutrisi untuk membentuk otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Satu jam sebelum latihan, dianjurkan makan menu ringan. Beberapa pilihan makan di antaranya pisang, sereal gandum atau minum sari kacang kedelai atau makan sebuah apel/seledri dengan selai kacang membantu menahan rasa lapar hingga latihan selesai. Setelahnya, asupan protein atau karbohidrat akan menstimulasi pembentukan otot.

b. Pakaian yang pas
Selama latihan, tubuh membutuhkan udara. Lengan dan kaki memerlukan ruang agar bebas bergerak tanpa risiko cidera akibat pakaian ketat. Pakaian yang dikenakan harus pas (tidak ketat atau tidak longgar), karena akan merepotkan. Pakaian olahraga terbaik yang dapat dikenakan berupa pakaian dengan bahan karet sintetis yang memiliki sirkulasi udara. Pakai celana pendek dan kaos yang pas di badan serta sepatu kets yang mendukung gerakan latihan Bujang Dare.

c. Pemanasan
Banyak orang yang sering melupakan pemanasan sebelum berolahraga karena bermacam-macam alasan. Padahal dengan melakukan pemanasan sebelum latihan, banyak manfaat dapat yang kita dapatkan. Misalnya membuat tubuh yang lebih prima, menghindari kecelakaan saat berolahraga, dan konsentrasi yang maksimal.

Selamat berolahraga, Bujang Dare! :)


@KericauPagi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.