Tips 3/3: Berkendara saat hujan



Cuaca di kota Pontianak sebentar panas, sebentar hujan ya. Kalau berkendara di saat hujan suka mengundang bahaya. Jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan untuk Bujang Dare yang mengendarai roda dua. Sebagai tambahan, Febi sekarang akan bagi-bagiin tips untuk Bujang Dare supaya bisa berkendara saat hujan dengan baik. 

Lakukan 3 hal ini:
  1. Berhati-hati saat berkendara. Perhatikan kecepatan. Mengemudi dengan kecepatan tinggi saat hujan sangat berbahaya. Hujan dapat menimbulkan genangan, kondisi tersebut dapat menyebabkan pengendara kehilangan kendali. Bila jalan basah, dibutuhkan lebih banyak waktu dan jarak untuk bereaksi terhadap bahaya. Berhati-hati bila mengemudi di belakang bus atau truk besar, karena cipratan air dari roda dapat mengganggu visibilitas pengemudi.
  2. Mengemudi secara perlahan. Bila melewati banjir, mengemudilah perlahan. Ini bertujuan mendeteksi kedalaman genangan yang cukup tinggi. Hentikan mobil sebelum memasuki jalan banjir, dan cek terlebih dulu. Jika tingkat air sudah melebihi bagian bawah pintu atau tiga per empat roda mobil sebaiknya jangan melewati jalan tersebut.
  3. Hidupkan lampu. Ketika mengemudi saat hujan, nyalakan lampu kendaraan. Cahaya lampu membantu penglihatan dan dapat memudahkan pengemudi lain mengetahui keberadaan kendaraan Bujang Dare.

Hindari 3 hal: 
  1. Rem mendadak. Dianjurkan menginjak rem secara perlahan. Bila pengemudi menginjak rem hingga penuh, besar kemungkinan mobil akan slip. Lebih baik mengerem secara bertahap sebelum dalam kondisi berhenti.
  2. Perpindahan gigi secara mendadak. Perubahan kecepatan perputaran ban secara mendadak di permukaan licin dapat membuat mobil Bujang Dare slip. Hal tersebut dapat menyebabkan mobil kehilangan kendali dan memicu kecelakaan. Tingkatkan kewaspadaan di jalan licin, terutama saat tanjakan.
  3. Hindari genangan air. Kita tidak mengetahui seberapa kedalaman sebuah genangan air. Saat kecepatan tinggi, genangan air yang dalam dapat merusak bumper mobil atau radiator. Selain itu cipratan air menyiram mesin, maka kerja mesin akan berhenti.
Selamat berkendara, hati-hati di jalan!

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: flickr.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Berkendara saat hujan

Faizal Indra kusuma said...

Tips yang mujarab buat dipake :)

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.