Tips 3/3: Mencuci rambut dengan tepat



Siapa coba yang tidak ingin punya rambut yang sehat dan indah? Rasanya semua ingin, baik laki-laki atau perempuan. Semuanya tentu ingin menjaga agar rambut senantiasa terawat, tidak rusak, dan tidak kusam. Cara yang paling gampang dilakukan adalah dengan mencuci rambut alias keramas. Mencuci rambut atau keramas tentu menjadi hal yang biasa. Karena hanya dengan cara ini rambut bisa menjadi lebih bersih, kuat dan sehat. Meski terlihat mudah, sebenarnya mencuci rambut atau keramas ini harus dilakukan dengan benar agar rambut tidak menjadi rontok. Nah, supaya lebih maksimal simak 3 tips berikut tentang keramas yang baik.

  1. Mencuci dengan shampo 2 kali setiap keramas. Kebanyakan orang hanya menggunakan shampo sekali saja, lalu membilas dan prosesi keramas selesai. Padahal idealnya menggunakan shampo adalah 2 kali setiap keramas. Ciri rambut masih kotor adalah, saat memberikan shampo pertama kali tidak terlalu berbusa maka rambut Anda sangat berminyak dan kotor. Shampo pertama fungsinya adalah untuk menghilangkan minyak di kulit kepala, sedangkan yang kedua berfungsi membersihkan kotoran yang tidak tuntas dibersihkan oleh shampo pertama. Bilas shampo di rambut sampai bersih agar kandungan kimia tidak menempel pada rambut. Sebaiknya bilas dengan air yang mengalir.
  2. Berikan pijatan. Oleskan shampo pada rambut sambil memberi pijatan secara lembut dengan jari Anda. Fungsinya tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala, juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Pijatan lembut akan memberi efek rileks dan membantu sampo terserap lebih efektif saat membersihkan kotoran di kulit kepala dan di batang rambut, tanpa membuat rambut menjadi rontok.
  3. Pakai kondisioner. Tidak hanya shampo saja yang jadi nutrisi untuk rambut kita. kondisioner juga berperan penting, lho. Karena kondisioner bisa membantu membuat rambut menjadi halus. Terapkan kondisioner hanya pada ujung rambut saja dan diamkan tiga sampai lima menit, lalu bilas rambut. Jadi jangan lupa untuk menggunakan kondisioner sehabis keramas yah


Ada 3 kebiasaan buruk yang harus Bujang Dare hindari ketika berkeramas

  1. Berkeramas terlalu cepat. Ini adalah kesalahan yang paling sering Bujang Dare lakukan. Dikejar waktu, takut terlambat ke kantor, waktu keramas pun Bujang Dare persingkat. Padahal diperlukan waktu yang tidak sebentar agar sampo dapat benar-benar meresap ke rambut sehingga dapat mengangkat kotoran dengan maksimal. Sama seperti ketika ingin membersihkan sebuah panci yang kotor. Kotoran akan mudah terangkat ketika direndam terlebih dahulu dalam air hangat. Mulai sekarang Bujang Dare harus meluangkan waktu khusus untuk berkeramas.
  2. Terlalu jarang atau sering berkeramas. Sering mendengarkan saran yang menghimbau Bujang Dare untuk memberikan jarak waktu yang lama berkeramas? Itu ada benarnya tapi tidak sepenuhnya benar. Itu semua tergantung jenis rambut. Kenali tipe dan ketahui kapan rambut Bujang Dare harus dibersihkan. Rambut yang bergelombang cenderung lebih kering dan dapat bertahan dalam waktu yang lama tanpa dikeramas. Ketika keramas setiap hari, pilihlah jenis sampo yang merupakan sampo daily treatment yang aman digunakan setiap hari, agar tidak membuat rambut menjadi kering dan rusak. Jika tidak suka dengan bentuk rambut yang tebal, atau tampilan rambut basah, akibat berkeramas, fokuskan pembersihan pada pusaran rambut.
  3. Asal pakai sampo. Sering memakai hairspray atau produk penata rambut lainnya biasanya membuat rambut terasa menebal dan berminyak. untuk menyiasati efek sampingnya, Bujang Dare tidak boleh asal-asalan memilih sampo. Pastikan Bujang Dare menggunakan sampo yang memiliki formula khusus , atau yang tidak mengeringkan zat pelembab alami rambut. Kurangnya pelembab alami akan membuat rambut memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.