Tips 3/3: Sahur efektif supaya kenyang lebih lama



Malas bangun saat sahur? Jangan sepelekan sahur karena ternyata saat sahur adalah saat mengisi cadangan energi untuk seharian beraktivitas. Apa saja yang seharusnya dikonsumsi dan dihindari ketika santap sahur? Ini 3 tipsnya:

  1. Mengonsumsi karbohidrat dengan index glicemix rendah. Misalnya nasi merah, kentang, dan oatmeal atau roti gandum, agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama karena proses penyerapan berlangsung secara perlahan dan bertahap.
  2. Mengonsumsi telur. Konsumsi telur saat sahur bisa membuat lebih cepat kenyang dan juga rasa kenyang akan bertahan lebih lama sehingga bisa memiliki cadangan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian tanpa harus makan dalam jumlah besar.
  3. Mengonsumsi segelas susu. Karena susu akan diserap oleh tubuh secara perlahan. Ketika mengonsumsi susu peningkatan gula darah tidak akan berlangsung secara drastis sehingga saat gula darah turun pun tidak akan langsung drop. Dan proses seperti ini tentu akan membuat tubuh kita bertahan segar lebih lama.


Berikut ada pula 3 hal yang sebaiknya Bujang Dare hindari:

1. Minuman manis untuk menutup santap sahur. Misalnya teh manis, karena gula yang terkandung dalam minuman manis bisa membuat gula darah kita meningkat lebih cepat dan juga drop lebih cepat. Ketika gula darah kita drop maka kita akan merasa haus dan lemas lebih cepat juga tentunya.
2. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, mengandung tambahan cuka, atau dilengkapi merica dan bumbu yang beraroma tajam. Alasannya, makanan tersebut dapat merusak dinding lambung.
3. Mengonsumsi minuman yang merangsang keluarnya asam lambung. Minuman soda atau sari buah seperti jeruk, akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada lambung.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Foto: anh-usa.org

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Sahur efektif supaya kenyang lebih lama

Obat Jerawat Herbal said...

semoga tips bangun sahurnya bermanfaat kpd yg mau berpuasa!!

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.