Tips 3/3: Menikmati hidangan lebaran, tetap sehat



Hari Lebaran identik dengan melimpah ruahnya makanan, baik makanan berat maupun makanan ringan seperti kue-kue kering dan minuman manis lainnya. Undangan open house atau silahturahmi pun menumpuk yang ujung-ujung diakhiri dengan pesta makan. Tak jarang berbagai makanan itu justru memicu sakit lantaran mungkin dimakannya dalam porsi yang tidak biasa maupun mengandung lemak maupun santan dalam jumlah sangat banyak. jangan sampai acara silahturahmi ke rumah rekan maupun saudara juga harus dilanjutkan untuk berkunjung ke rumah sakit karena meningkatnya kolesterol maupun kandungan gula dalam darah.

Berikut ini ada 3 hal yang harus diikuti untuk bisa menikmati hidangan saat Lebaran namun tidak menghasilkan penyakit setelah selesainya.

  1. Siagakan obat yang sudah sering dikonsumsi. Menikmati semua jenis hidangan tentu tidak bisa seluruhnya dilarang, tapi harus dipastikan Bujang Dare tahu resikonya. Jadi selalu seimbangkan dengan minum obat yang memang selalu dikonsumsi untuk mencegah penyakit Bujang Dare kambuh.
  2. Cukupi asupan buah-buahan dan sayur. Jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan sayur mayur serta buah-buahan. Buah-buahan berfungsi untuk menyeimbangkan kadar glukosa. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya, juga memiliki indeks glikemik yang rendah, serta enzim sehingga membantu proses pencernaan lebih baik.
  3. Melanjutkan puasa. Agar hasil puasa dapat bermanfaat lebih baik ditindak lanjuti dengan menjalankan puasa 6 hari di bulan Syawal, puasa senin kamis atau bahkan puasa Nabi Daud AS yakni sehari puasa sehari tidak puasa.

Penyakit seperti meningkatnya kolesterol, diabetes atau kadar gula dalam darah juga meningkat, Gangguan pencernaan seperti maag, atau diare, sering mengintai Bujang Dare yang tidak menjaga pola makan saat Lebaran dengan benar, makanya hindari 3 hal berikut ini,

  1. Tidak memperhatikan porsi makan. Jangan menjadikan Lebaran sebagai ajang balas dendam setelah hampir sebulan berpuasa. Tetaplah makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak atau berlebihan. Ingat pedoman "hentikan makan sebelum kenyang". Secara normal tubuh memiliki pengaturan canggih ketika makan proses pengolahan dan metabolismenya melibatkan berbagai kegiatan baik fisik, mekanik dan kimiawi termasuk keluarnya berbagai enzim dan hormone.
  2. Minuman soft drinkSoft drink akan menyulitkan penguraian lemak dalam tubuh, apalagi kalau sebelumnya habis makan makanan yang berlemak dan santan. Sebaiknya pilih untuk minum air putih, batasi konsumsi soft drink atau sirup dan minuman manis lainnya.
  3. Hati-hati dengan gula. Kue-kue akan tersaji cantik di meja tamu. Bujang Dare harus mengingat gula dan krim yang dapat menaikkan tekanan gula darah. Jagalah asupan makanan agar tidak berlebihan sehingga Bujang Dare dapat menjalankan aktivitas setelah Lebaran usai.
Meskipun banyak makanan menggoda yang ditawarkan, bukan berarti Bujang Dare harus menyantapnya lho. Jadwal makan harus tetap terkontrol. Jika memang bukan waktunya makan siang ataupun makan malam, jangan pilih hidangan berat. Cukup dengan mencicipi snack saja.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.