Tips 3/3: Menjaga Kesehatan Gigi


a. Buah-buah renyah
Konsumsi buah-buah yang renyah seperti apel, pir atau bahkan wortel secara teratur. Dengan mengkonsumsinya, itu berarti Anda sekaligus membersihkan gigi secara alami. Anda juga perlu mengkonsumsi susu dan yoghurt, yang bermanfaat untuk mencerahkan gigi. Kalsium yang terkandung dalam minuman ini juga mampu menggantikan enamel gigi.

b. Minum dengan sedotan
Kebanyakan soda dan minuman energi serta jus mengandung asam seperti asam citric dan phospor. Asam ini dapat merusak lapisan enamel bahkan kendati Anda memilih minuman diet ataupun sugar free. Meminumnya menggunakan sedotan dan langsung ke arah kerongkongan mencegah kontak antara asam dengan gigi dan menjaga kesehatan lapisan enamel pada gigi.

c. Tingkatkan konsumsi kalsium
Seperti halnya kesehatan tulang, menambah konsumsi tulang juga baik untuk gigi. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Buffalo, dengan mengonsumsi 800 mg kalsium tiap hari bisa mengurangi penyakit gigi dan gusi. Sekitar 99 persen kalsium dari tubuh Anda didistribusikan ke tulang dan gigi. Anda bisa mendapatkan kalsium dengan mengonsumsi keju, susu serta yogurt. Kadar kalsium yang dianjurkan bagi wanita dewasa dibawah 51 tahun setiap hari adalah 1.000 mg sementara bagi yang lebih dari 51 tahun sebanyak 1.200 mg. Mengonsumsi suplemen kalsium bisa memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari, tapi akan lebih baik jika Anda mendapatkan tambahan kalsium dari makanan yang dikonsumsi tiap hari.

3 hal yang dihindari
Memiliki gigi yang kuat hingga usia lanjut tentu diinginkan setiap orang. Untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu mengurangi atau bahkan menghentikan empat kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat gigi cepat patah karena rapuh dan rusak. Berikut ini tiga kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk mendapatkan gigi sehat dan kuat

a. Menyikat Gigi Secara Berlebihan
Sebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Sikatlah gigi dua kali sehari dan sesudah makan. Yang juga penting adalah bagaimana Anda menyikat gigi. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.

b. Mengatupkan dan Menggemeretakkan Gigi Terlalu Kuat
Sadar atau tidak, beberapa orang sering melakukan hal ini. Awalnya hanya kebiasaan, tapi ternyata dapat mengakibatkan tulang keropos, resesi gusi, gigi bergeser hingga gigi retak. Tanda-tanda dari efek negatifnya adalah sendi rahang terasa nyeri, sulit membuka dan menutup mulut dan sakit kepala.

c. Melakukan Perawatan Sendiri
Banyak orang yang memiliki alat untuk menghilangkan plak sendiri di rumahnya. Alasannya adalah untuk menghindari kunjungan ke dokter gigi. Tapi bila tidak dilakukan secara hati-hati, gigi bisa patah. Cara terbaik melakukan perawatan gigi adalah memeriksakannya ke dokter setiap enam bulan sekali. Jangan pernah mencoba mencabut atau membersihkan karang gigi sendiri. Anda tidak tahu, apakah alat yang digunakan steril atau tidak.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.