Tips 3/3: Atasi Gangguan Tidur


#3 dan 3
Banyak orang mengalami sulit tidur ketika malam, dan penyebabnya bukan hanya sekadar stres atau terlalu lelah. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi seberapa baik kualitas tidur. Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur?

a. Kacang-kacangan
Tinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.

b. Susu hangat
Biasakan untuk selalu membuat segelas susu hangat sebelum tidur malam. Ini terbukti membuat tidur malam anda lebih pulas. Karena di dalam segelas susu mengandung tryptophan yang berfungsi merangsang tidur anda lebih pulas.

c. Buah Pisang
Makan pisang sebelum tidur malam, membantu tidur malam anda lebih pulas. Ini dikarenakan didalam pisang banyak mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi mengendurkan otot-otot anda sehingga membuat tidur malam anda lebih pulas. 

3 hal yang dihindari

Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa sedih dan sensitif, dan apabila tidak segera ditangani bisa mengakibatkan depresi dan mengganggu kesehatan fisik. Memiliki waktu tidur yang cukup memang bukan hal yang bisa dibilang mudah. Banyak hal yang bisa membuat Anda sulit tidur, salah satunya konsumsi makanan yang tidak tepat.

a. Cokelat
Walaupun hanya sekeping cokelat, kafein yang terdapat di dalamnya bisa membuat Anda sulit tidur. Terlebih lagi jika usia Anda yang sudah di atas 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, orang akan semakin sensitif terhadap kafein seminim apapun kadarnya. Selain itu, cokelat juga mengandung tyrosine, asam amino yang membentuk cathecolamine, yang berfungsi membuat seseorang tetap terjaga.

b. Minuman berenergi
Minuman bernergi tinggi akan kafein serta meningkatkan adrenalin dan kewaspadaan. Studi terbaru menunjukkan, ketika Anda meminumnya di siang hari dan dikombinasikan dengan minuman lain yang berkafein tinggi seperti kopi atau teh, Anda akan sulit memejamkan mata hingga malamnya.

c. Daging Olahan
Daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam, bukan yang sudah mengalami proses pengawetan.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.