Tips 3/3: Aktivitas Pagi


#3dan3
3 yang boleh
Saat pagi hari sebagian besar orang memiliki rutinitas yang hampir sama seperti mandi dan sarapan. Tapi ada beberapa rutinitas lain yang sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Kebanyakan orang merasa tidak semangat dan kaki ketika bangun di pagi hari. Tapi jika mengawali hari dengan melakukan olahraga, meregangkan otot dan meningkatkan detak jantung maka bisa meningkatkan energi dan suasana hati sepanjang hari. Berikut ini beberapa rutinitas yang baik dilakukan saat pagi hari dan baik untuk tubuh,

a. Berjalan-jalan
Berjalan adalah bentuk alami kuno yang bermanfaat terhadap banyak hal, seperti membawa risiko rendah terhadap cedera, peregangan dan kardio untuk gerakan otot yang kuat. Rutinitas pagi ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena berjalan merangsang produksi sel T serta antibodi. Untuk latihan rutin pagi yang seimbang bisa dimulai dengan berjalan ringan di sekitar lingkungan lalu bertahap kecepatannya meningkat selama setidaknya 20-30 menit setiap hari.

b.Minum air putih
 Begitu bangun tidur, segeralah untuk meminum air putih untuk membantu pulihnya cairan tubuh yang terkuras semalaman. Menyimpan cairan yang cukup dalam tubuh akan memertahankan tingkat air dalam tubuh Anda, sehingga metabolisme tubuh baik secara fisik dan mental pun dapat berjalan lancar. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga asupan air ideal sebanyak 7-8 gelas air per hari

c. Latihan kekuatan
Harvard School of Public Health menuturkan otot yang aktif secara metabolik akan membakar kalori lebih banyak daripada jaringan lemak sehingga membantu mempertahankan massa otot yang membuat tubuh lebih ramping dan mencegah penambahan berat badan. Rutinitas yang dilakukan di rumah bisa dengan mengangkat dumbel ringan dan peregangan dengan resistance band. Untuk mendapatkan manfaat akrdiovaskular bisa ditambahkan latihan aerobik setiap 5-10 menit.

3 yang dihindari
Tingkat metabolisme tubuh bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti usia, berat badan dan genetik. Tak hanya itu saja, tinggi atau rendahnya metabolisme juga ditentukan oleh bagaimana ritual harian Bujang Dare di pagi hari. Kegiatan yang dilakukan di pagi hari bisa berdampak pada aktivitas Bujang Dare sampai seharian. Oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya waktu pagi Bujang Dare bila ingin metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan berat badan cepat turun. Bisa dimulai dengan menghindari tiga kesalahan rutinitas pagi,

a. Telat Sarapan
Melewatkan sarapan atau baru sarapan menjelang pukul 10.00 akan menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Akibatnya, usaha Bujang Dare untuk menurunkan berat badan jadi sia-sia. Ketika tubuh tidak diasup makanan setelah 'puasa' selama delapan jam di malam harinya, otak akan mengirimkan perintah ke seluruh tubuh untuk menghemat energi; memberi sinyal untuk menahan simpanan lemak yang seharusnya ingin Bujang Dare singkirkan. Waktu paling baik untuk sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur di pagi hari. Itu akan meningkatkan proses metabolisme yang disebut thermogenesis; mengubah makanan yang Bujang Dare konsumsi menjadi energi. Tapi ingat, secangkir kopi bukanlah minuman yang tepat untuk sarapan. Makanlah sarapan mengandung protein tinggi di bawah 350 kalori. Jangan lupakan juga karbohidrat kompleks dan air putih.

b. Sarapan Makanan Tinggi Gula
Gula menaikkan gula darah dengan cepat namun lekas juga menurunkannya. Akibatnya, tubuh jadi cepat lemas dan mudah lapar sehingga hasrat makan jadi berlebihan ketika jam makan siang. Begitu juga dengan karbohidrat sederhana seperti nasi uduk atau roti putih, akan menaikkan gula darah dengan cepat dan memberi efek serotonin (hormon senang) sehingga hasrat makan akan terus muncul dan muncul lagi. Saat sarapan, perbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur, buah atau oatmeal.

c. Tidak Olahraga
Olahraga di pagi hari membakar lebih banyak kalori ketimbang siang atau sore hari. Penelitian menunjukkan, tubuh terus membakar kalori hingga 24 jam ke depan setelah berolahraga apabila dilakukan saat matahari baru terbit. Maka dari itu untuk pembakaran kalori yang maksimal, sangat disarankan agar Bujang Dare bangun lebih pagi lalu berolahraga. Bisa dengan aerobik, jogging atau bersepeda. Selain membakar kalori dan lemak, olahraga di pagi hari juga membuat tubuh lebih segar dan fit untuk beraktivitas di siang sampai malam harinya.


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.