Tips 3/3: Cara Mudah Merawat Pakaian Agar Tahan Lama



Pakaian merupakan kebutuhan pokok semua orang. Selain berfungsi untuk melindungi tubuh, pakaian juga sebagai fashion statement dan bentuk ekspresi diri. Walaupun hampir semua wanita gemar mengoleksi pakaian, namun tidak semuanya mengerti cara perawatan pakaian yang benar sehingga pakaian seringkali cepat rusak atau warnanya memudar.

Merawat pakaian memang perlu kecermatan tersendiri, tapi bukan berarti sulit dilakukan. Berikut ini 3 cara yang bisa dilakukan dan 3 cara yang harus dihindari untuk merawat pakaian agar tahan lama:

1. Pakai pemutih ramah lingkungan.

Pemutih pakaian tidak hanya beracun bagi manusia, namun juga berbahaya bagi lingkungan dan membuat ketebalan kain cepat menipis. Sebagai penggantinya, cobalah merendam pakaian dalam air panas yang dicampur dengan baking soda.

2. Manfaatkan kantung jala atau pun stocking.

Ada beberapa jenis pakaian yang sangat lembut sehingga tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, salah satunya pakaian dalam yang harus dicuci menggunakan tangan. Namun jika terpaksa harus mencucinya menggunakan mesin cuci, masukkan dalam kantung jala ataupun stocking yang sudah tidak terpakai untuk memisahkan dari pakaian lainnya.

3. Keringkan secara alami.

Panas yang dihasilkan pengering pakaian dapat merusak pakaian jika Bujang Dare menggunakannya pada pakaian yang masih basah. Maka dari itu sebisa mungkin keringkanlah pakaian secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

1. Terlalu sering dicuci.

Terlalu sering mencuci pakaian dengan maksud menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan melunturkan warna asli pakaian. Jika pakaian yang telah dikenakan belum terlalu kotor atau bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, terutama jeans atau pakaian berbahan tebal lainnya. Untuk membunuh kuman, jemurlah sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari.

2. Menggantung pakaian yang harusnya dilipat ataupun sebaliknya.

Pastikan Bujang Dare menggantung pakaian yang seharusnya digantung dan melipat pakaian yang seharusnya dilipat. Menggantung semua pakaian hanya akan membuat pakaian Bujang Dare menjadi cacat dan kusut serta membuat lemari Bujang Dare terlihat sempit. Bahkan ada pakaian yang tidak bisa digantung, karena bisa menjadi melar/membesar ataupun membekas di area yang terkena gantungan.

3. Tidak memeriksa petunjuk perawatan.

Peraturan dasar untuk membuat pakaian lebih tahan lama, namun masih sering terlewatkan ini adalah memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berbeda-beda memiliki kebutuhan masing-masing dalam perawatannya maka itu pastikanlah membaca terlebih dahulu label petunjuk perawatan yang umumnya ada di semua pakaian.

Gampangkan Bujang Dare?

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

7 Responses to Tips 3/3: Cara Mudah Merawat Pakaian Agar Tahan Lama

Situs Top Info said...

pertamax :)
ditunggu folbacknya ya

Obat Sakit said...

yang dikerjakan secara alami pasti akan lebih awet gan, bukan hanya pakaian saja

Aan Shared said...

wah, tipsnya bermanfaat sekali sob..

blogwalking!

srrriii said...

wah, asik
baru tau ada tips masukin dlu ke stocking
boleh deh dicoba..
kalo malah rusak, gantiin selusin yaaa
haha :p

obat ambeien said...

waduh saya kalo jemur pakaian suka dari pagi sampe sore, hehe :D

http://oldsunday.blogspot.com/

Kang Zeer El-Watsi said...

pertamax :)
ditunggu folbacknya ya

Ello Aristhosiyoga said...

wwah, tipsnya abgus. praktek akh biar bajunya tetap awet.

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.