Jadi "Listener of the Month", tak cukup sekedar "eksis"




Suatu hari di program TRAVO (Citra Volare) yang mengkhususkan diri untuk menerima kritik dan saran pendengar, masuklah sebuah pesan singkat berbunyi sebagai berikut:

LOTM Itu gimana si?Atau untuk teman terdekat crue R.Volare aja yg bs jadi LOTM.Krna LOTM LOTM volare jarang juga tu yg ikutan di berbagai acra yang ada di Volare.Pada hilang entah kemana,(jadiBingung) terimakasih atas jwbn nya

Baiklah, untuk pertanyaan pertama, apakah teman terdekat yang bisa jadi LOTM, sebaiknya asal usul pertemanan perlu diklarifikasi lagi. Teman di sini bukan berarti sobatnya Lisa di kampus, atau teman ngumpulnya Jerry misalnya. Hampir semua dari mereka yang terpilih menjadi "Pendengar Bulan Ini" alias Listener of the Month (selanjutnya disingkat jadi LOTM), justru mulai berteman dengan awak siar setelah mereka menjadi pendengar Volare.

Lho, bagaimana bisa?

Tentu saja bisa. Bermula dari mengambil hadiah kuis di Volare, misalnya, pertemuan dengan awak siar berlanjut pertemanan, seperti Juri. Mengomentari topik yang diangkat dalam siaran lewat Yahoo! Messenger, diteruskan kepada curhat soal pribadi, seperti Mahmudin. Rajin pesan lagu dan berkomentar di berbagai kesempatan, sehingga hampir semua penyiar mengenal seorang Angga. Senang mendengarkan suara penyiar di udara, berlanjut perjumpaan di studio saat mengantarkan gorengan misalnya, seperti Ilham. Sehingga, yang semula hanya sebatas penyiar dan pendengar, ketika berjumpa malah berlanjut menjadi kenalan antar pribadi, berteman baik seperti Iil, ikut berperan dalam drama "Dari Balik jendela Kost" seperti Sasa, bahkan bergabung dalam perusahaan menjadi jurnalis, seperti Eel!

Masih banyak contoh lainnya, yang tak bisa disebut satu persatu di sini.

Justru banyak juga teman-teman penyiar yang tidak kami pilih jadi LOTM. Lah, mendengarkan radio saja jarang, bagaimana bisa terpilih?

Lucunya, ada juga lho... yang tidak pede ketika ditawari jadi kandidat LOTM, padahal sudah memenuhi syarat!

Menjawab kebingungan mengenai "jarang yang ikutan acara yang ada di Volare, menghilang", kesibukan orang, siapa yang tahu? Misalnya Rhemon, yang berkuliah di ibukota, tentu saja tak bisa rutin mendengarkan apalagi berinteraksi, kecuali sedang berlibur. Tak bisa dipungkiri pula, masing-masing punya acara favorit yang berbeda-beda untuk disimak. Sehingga wajar jika namanya jarang disebutkan oleh penyiar di dalam acara request. Sedangkan untuk acara off air-nya, tentu tak bisa semuanya memaksakan hadir, ada yang sudah kerja, ada yang kuliah, ada yang sekolah. Apalagi Volare memang terhitung jarang membuat kegiatan di luar siaran.

Okelah, sekarang Bujang Dare merasa,
"Hey, aku kan udah jadi pendengar setia, rajin ikutan komen, rajin ikutan rikues, kok belum kepilih juga?"
Ada dua kemungkinan, bisa jadi nasib baik belum berpihak, atau ternyata ngga pas dengan kriteria lainnya yang selama ini memang tidak kami publikasikan secara gencar, misalnya:
  • Cuma mau berinteraksi jika penyiar tertentu saja yang bersiaran. 
  • Masih saja pesan lagu yang basi, ngga pernah tahu lagu-lagu yang masuk chart.
  • Bentuk interaksi hanya dalam bentuk pesanan lagu, tak lebih. Padahal, komentar masuk saat program interaktif sangat kami nantikan, apalagi kuis!
  • Tak punya akun jejaring sosial dan walaupun punya, ternyata tidak berteman dengan Volare 
Pssst, sebenarnya, selain yang dipromosikan di radio, ada satu manfaat utama yang bisa Bujang Dare dapatkan kalau jadi LOTM, lho. Yakni kesempatan untuk mengenal dunia radio siaran secara lebih dekat, bahkan membuka kesempatan untuk magang! 

Serius? Iya, serius.

Selama ini Bujang Dare mungkin hanya bisa mereka-reka, mengira-ngira bagaimana sebuah iklan radio dibuat, bagaimana jurnalis mencari berita, bagaimana penyiar menyiapkan bahan siarannya, bagaimana pengarah musik menyusun tangga lagu, dan lain sebagainya. Kami, khusus kepada LOTM, bersedia berbagi ilmu. 

Dengan senang hati kami akan memberikan kesempatan kepada Bujang Dare turun ke lapangan bersama Eel atau Isty untuk ketahui cara mencari, menulis hingga mengedit berita atau nongkrong bersama Poltak lepas siaran malam minggu untuk susun tangga lagu. Bukan cuma bisa ikut penyiar bersiaran, lho!

Jadi, apakah Bujang Dare LOTM berikutnya? 


@_temi
Foto: grantgoddess.blogspot.com

Lokasi: Pontianak, Indonesia
Posted in , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.