Tips 3/3: Menjaga kode rahasia (password)





Password atau sandi masuk merupakan kode-kode rahasia yang harus dijaga keamanannya. Banyak hal negatif yang dapat terjadi ketika password Bujang Dare bocor ke tangan orang lain. Simak beberapa kiat singkat untuk menjaganya.

  1. Menggunakan sandi masuk yang Kuat. Orang seringkali menggunakan sandi masuk yang pendek saja, kalau saja bisa lebih pendek dari 3 karakter maka pengguna tersebut akan memberikan sandi masuk yang pendek. Untung saja saat ini sistem memberikan panjang sandi masuk minimal 6 karakter dan maksimal 254 karakter. Semakin panjang sebuah sandi masuk maka akan semakin kuat keamanan sandi masuk tersebut. 
  2. Sering mengubah sandi masuk. Pemilik sandi masuk sebaiknya secara berkala mengubah password untuk otentikasi tersebut, semakin sering sandi masuk berubah semakin baik, karena semakin sulit si penebak sandi masuk menjebol akun/system kita. Perubahan terhadap sandi masuk tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya. Asal si pemilik tidak lupa dengan sandi masuk yang sudah diubah tadi.
  3. Memakai sandi masuk yang berbeda pada setiap akun/sistem. Pemilik password kadang sering lupa dan sering membuat akun yang cukup banyak, sehingga mereka setiap membuat akun baru menggunakan user id yang sama dan sandi masuk yang sama, ini sangat rentan dan bahaya. Karena satu akun tembus sandi masuk ini, maka semua akun akan dapat diambil oleh hacker tersebut.
3 yang ini, pantang Bujang Dare lakukan kalau mau aman:


  1. Menggunakan default passwordDefault password adalah sandi masuk yang kita dapat pertama kali. Sandi masuk standar ini sebaiknya memang harus cepat diganti lantaran sangat rentan. Pasalnya, default password dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan di situ tercantum nama mesin, tipe dan default password terpampang dengan megah di beberapa situs vendor pembuatnya. Terkadang administrator takut lupa dengan mengubah-ubah default password yang ada, sehingga seorang penyusup dapat mengambil alih sistem dengan default password.
  2. Memakai password hint. Terkadang kita takut lupa dengan sandi masuk yang sudah kita masukkan ke dalam sistem/akun, sehingga kita perlu membuat sebuah pengingat bila kita lupa dengan sandi masuk tersebut. Nah pengingat ini disebut password hint, bila kita membuat pertanyaan dengan password hint ini maka dengan cepat kita dapat mengingat kembali password yang lupa tersebut. Begitu juga dengan para hacker, mereka akan mencoba-coba dengan menebak sandi masuk kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, lama kelamaan password tersebut akan tertebak, bila pertanyaan yang tertera di password hint dapat dijawab oleh si penebak.
  3. 3. Menuliskan password ke dalam media lain. Pemilik password sering kali takut lupa dengan password yang telah dimasukkan, sehingga pemilik password akan menuliskan berbagai user id dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, stickies (mac), password folder, buku, ponsel dan lainnya. Hal ini juga cukup rentan bocor. Mengapa rentan? Karena bila berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user id dan sandi masuk tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang.

Urusan sandi masuk sepertinya sepele, tapi penting!


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.