Tips 3/3: Bekerja nyaman dengan komputer





Komputer memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita, khususnya dalam dunia pekerjaan. Dengan komputer, pekerjaan semakin dipermudah, belum lagi jika dilengkapi dengan fasilitas internet yang semakin membuat kita betah berlama-lama duduk manis depan komputer. Supaya lebih nyaman berselancar di dunia maya atau bekerja dengan komputer, Febi akan bagikan tips bagaimana caranya.

  1. Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya. Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja , Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan cukup terang agar mata  tidak bekerja terlalu keras.
  2. Atur posisi duduk. Kemudian posisikan mata sejajar dengan monitor komputer, menurut penelitian, dengan memposisikan pandangan mata dan badan kita terhadap monitor komputer dapat mengurangi rasa lelah pada mata dan punggung kita. Memiliki kursi sebaik apapun jika cara duduk Bujang Dare salah maka tidak akan memperbaiki postur tubuh Anda. Hindari membungkuk, terlalu dekat dengan keyboard komputer dan menyilangkan kaki. Berikut cara duduk yang tepat: (1) Kedua kaki diletakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tingi daripada pinggul atau bangku. (2) Siku nyaman di samping atau diletakkan di sandaran kursi dan bahu tetap lurus rileks. (3) Kepala memandang lurus ke depan. (4) Fokus pada pernapasan perut untuk meningkatkan oksigen ke tubuh. Pernapasan perut juga membuat tubuh tetap santai.
  3. Istirahatkan mata. Jangan memaksakan mata untuk selalu memandang monitor dalam waktu yang lama. Istirahatkan mata, misalnya dengan menutupkan kelopak mata beberapa saat atau melihat objek yang jauh selama kurang lebih 10 detik. Relakskan mata. Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata. Namun, sering-seringlah berkedip, Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata tetap basah dan sejuk. Bila terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit. 


Kebiasaan buruk di depan komputer dapat menyebabkan berbagai gejala pada mata dan yang paling umum adalah sakit kepala, rasa tegang pada mata, sampai penglihatan kabur. Ditambah dengan tidak menjaga kebersihan komputer bisa berdampak buruk ke Bujang Dare, apa saja?


  1. Bekerja tanpa istirahat. Salah satu masalah utama dengan penggunaan komputer adalah seringkali terlalu tenggelam dalam pekerjaan dan menghabiskan waktu berjam-jam melihat layar dan lupa untuk beristirahat. Untuk menghindari mata yang jenuh, sebaiknya beristirahat satu kali dalam sejam, minimal selama 5 menit, untuk meyakinkan bahwa mata tidak bekerja berlebihan. Namun di saat istirahat, sebaiknya memastikan bahwa memfokuskan penglihatan pada jarak yang jauh. Bisa melihat keluar jendela atau melihat ke ujung lain di kantor. Ingatlah, istirahat dari komputer bukan berarti membaca buku atan melihat sesuatu di internet, karena hal ini tidak membuat mata beristirahat. Dengan memebuat mata fokus pada kejauhan, dapat membuat fokus otot mata sepenuhnya rileks.
  2. Layar yang silau. Penyebab utama dari ketegangan mata dan sakit kepala (terutama bagian depan) adalah layar komputer yang silau. Silau di layar komputer disebabkan oleh sinar langsung yang buruk ke dalam ruangan dan hal ini biasanya mudah dikoreksi. Umumnya anda duduk dekat jendela agar cahaya dapat bersinar secara langsung pada layar komputer Bujang Dare. Namun hal ini sebenarnya dapat menyebabkan layar menjadi silau. Sebaiknya, pindahkan layar komputer dari tempat yang silau atau setidaknya ubahlah sudut layar dari komputer anda untuk mengurangi silau. Atau lengkapi dengan filter glass monitor.
  3. Makan saat bekerja dengan komputer. Jangan mengambil risiko dengan makan di depan komputer, karena bakteri berbahaya dari keyboard bisa mengotori makanan dan bisa membuat sakit. sisa atau remahan makanan yang tercecer sangat menggoda hewan penyebar penyakit seperti tikus, kecoa dan lalat. Sesekali bersihkanlah meja kerja sendiri secara maksimal dan jaga kebersihannya terutama keyboard. Untuk membersihkan meja kerja bisa menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol didalamnya cukup efektif membunuh bakteri.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: port.ac.uk

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Bekerja nyaman dengan komputer

komputer said...

ya saya setuju banget sob dengan artikel komputer nya terima kasih tips nya sangat berguna

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.