Tips 3/3: Cara hidup hemat




Buat kebanyakan orang, hidup hemat itu adalah teori yang sulit untuk dipraktekkan. Ah, apa iya? Coba, deh lakukan 3 hal sederhana ini:

  1. Setia pada daftar belanja. Penting membuat daftar belanjaan sebelum belanja. Tapi yang lebih penting lagi, belilah barang hanya yang ada pada daftar belanja saja.
  2. Selalu berpikir praktis. Saat belanja, selalu tanyakan pada diri sendiri, "Apakah saya perlu barang ini?" atau "Apakah hal ini penting sekali?" Jika ya, berarti Bujang Dare telah berlaku praktis dan jujur pada diri sendiri.
  3. Susun anggaran keuangan dan patuhi. Catat semua pengeluaran sehingga Bujang Dare tahu ke mana perginya uang. Tantangan yang harus dihadapi adalah menyiasati biaya rekreasi keluargaseperti makan di luar, menonton bioskop atau berlibur yang cukup besar. Kesalahan lain saat membuat anggaran adalah lupa memasukkan "pengeluaran mendesak", seperti biaya berobat ke dokter atau perbaikan mobil, biaya tahunan seperti belanja buku/alat sekolah, baju seragam sekolah, serta anggaran untuk perayaan agama semisal Lebaran atau Natal. Karena itu, cara yang terbaik adalah merencanakan anggaran sejak jauh hari.

Bujang Dare perlu menghindari 3 hal ini jika ingin hidup hemat:

  1. Membeli dalam jumlah banyak Kecuali, Bujang Dare punya sebuah tempat "tersembunyi" untuk menyimpan barang-barang itu. Soalnya, membeli dalam jumlah banyak akan mengakibatkan anggota keluarga jadi boros menggunakannya.
  2. Terlalu sering menonton televisi. Iklan di televisi selalu saja membuat Bujang Dare tergiur. Jadi, kurangi jam menonton teve. Jangan pula membeli barang melalui pelayanan telepon atau katalog karena hanya akan membuat Bujang Dare semakin ingin membeli.
  3. Berbelanja dengan teman yang kaya. Hindari berbelanja bersama teman yang senang menggunakan kartu kredit dan teman yang gaya belanjanya seperti orang kaya. Bujang Dare harus berusaha menghentikan kebiasaan membeli sesuatu yang sebenarnya tak terlalu diperlukan dan sekadar ikut-ikutan teman. Bila mengajak anak berbelanja, tetaplah sesuai anggaran.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Cara hidup hemat

toko scanner barcode said...

makasih yah gan

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.