Tips 3/3: Jaga diri tetap sehat saat berlibur


Musim liburan sekolah sudah tiba nih, apa Bujang Dare berencana untuk menghabiskan liburan dengan bepergian jauh? Perlu diperhatikan adalah liburan bersama keluarga harus direncanakan dengan baik agar terhindar dari masalah-masalah tidak perlu yang malah mengganggu atau membuat stres saat liburan. Kalau anggota keluarga kita malah sakit saat pergi berlibur, hal itu tentu bisa mengubah rencana tamasya yang sudah dipersiapkan. berikut adalah cara menjaga keluarga tetap sehat saat liburan:
  1. Rencanakan kudapan sehat. Makanan cepat saji, makanan ringan, donat, dan makananan lainnya yang cenderung tidak sehat pasti menjadi target Anda selama perjalanan. Sebaiknya hindari dan cobalah untuk membawa makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan. Jika terpaksa makan di restoran cepat saji, pilih menu sehat seperti salad dengan dressing atau saus yang rendah lemak atau daging panggang bukan yang digoreng. Membawa bekal jauh lebih praktis dan hemat dibanding membeli makanan ringan setiap kali berhenti di sepanjang jalan. Buah-buahan seperti jeruk, pear, apel, pisang, kismis dan buah kering lainnya bisa dijadikan bekal. Begitu juga keju, biskuit gandum, sereal kering, dan kacang.
  2. Jaga kebersihan tangan. Sekitar 80% penyebaran kuman adalah lewat sentuhan. Sementara saat anak diajak berlibur ke taman, pantai atau pegunungan, ia akan memegang banyak benda.  Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk sesering mungkin mencuci tangan karena bisa mengurangi risiko gangguan saluran pernapasan sebanyak 45%.  Perhatikan Cuci tangan pada saat sebelum dan sesudah makan, setelah bersin,  setelah bermain dengan binatang piaraan dan sepulang dari tempat umum seperti mal, play ground,  pantai atau  setelah olah raga. Cara cuci tangan yang baik adalah menggunakan air mengalir dan sabun antiseptik. Gosok sela-sela jari selama 20 detik, lalu keringkan.
  3. Bawa alat atau benda untuk berolahraga. Pergi liburan bukan berarti lupa olahraga. Selain menyenangkan, juga sangat berdampak positif bagi kesehatan. Lakukan olahraga favorit keluarga seperti badminton, bola voli, lempar tangkap bola, dll. Permainan ini akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan saat berada jauh dari rumah. Cobalah untuk merencanakan lebih dahulu permainan yang paling menyenangkan sebelum berangkat.
3 hal yang perlu Bujang Dare hindari
  1. Pengeluaran berlebih. Saat berlibur, pengeluaran terkadang sulit dikontrol, maklum ya namanya juga liburan. Ini harus diwaspadai, apalagi saat pengeluaran yang Bujang Dare keluarkan sudah berlebihan. Tidak ingin kan kehabisan uang saat berlibur? Maka dari itu senantiasa sebelum liburan, siapkan budget yang sesuai dan jaga diri Bujang Dare untuk tidak belanja yang tidak perlu. Jika Anda berlibur ke luar negeri, pastikan Anda sudah menukar uang dengan jumlah yang cukup untuk biaya hidup selama berlibur.
  2. Sakit. Kadang kesehatan tidak bersahabat dengan niat berlibur. Oleh karena itu, pastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum berlibur dengan mengeceknya ke dokter. Siapkan obat dan taruh selalu obat dalam tas bawaan disertai salinan resep dari dokter/apotek. Jika mempunyai alergi atau penyakit tertentu misal jantung, pastikan membawa obat terkait. Perhatikan jadwal minum obat meskipun sedang berwisata. Penting juga menyiapkan obat-obatan emergensi terutama bila liburan membawa anak-anak di bawah umur.
  3. Berpenampilan wah. Tidak ada seorangpun yang ingin tertahan di pintu pemeriksaan, jadi pastikan untuk berpakaian yang tepat. Gunakan sepatu yang mudah dipakai dan dilepas. Hindari penggunaan perhiasaan yang berlebihan dan jangan menggunakan pakaian yang berlapis, karena beberapa pintu pemeriksaan di bandara mengharuskan jaket atau baju hangat yang mungkin Bujang Dare gunakan, dibuka. Bawalah bersama Bujang Dare, jaket, baju gangat yang ringan untuk digunakan di dalam pesawat. Karena untuk beberapa penerbangan, mereka akan meminta ekstra biaya untuk selimut atau bantal yang Bujang Darea minta, atau bahkan penerbangan tidak menyediakannya di dalam pesawat mereka.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Jaga diri tetap sehat saat berlibur

Tabita Skin Care said...

Cara menjaga kesehatan yang bagian pertama itu kehidupan atau kedupan bro? hehehehe..

Salam


Tabita Skin Care

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.