Tips 3/3: Mengendalikan bad mood





Bad mood bisa datang kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja tanpa memandang usia dan jabatan. Bad mood sangat mengganggu orang di sekeliling Bujang Dare, dan menjadikan hari Bujang Dare buruk. Namun demikian tidak berarti kita tidak bisa mengendalikan atau mengusir perasaan bad mood, ya. Jangan biarkan bad mood menguasai kita dengan 3 hal berikut ini,

  1. Bergeraklah. When you’re down, jangan diam saja. Bergeraklah, karena berdiam diri akan semakin menggerogoti pikiran dan perasaan. Caranya? Lakukan olahraga ringan, seperti jalan di mall atau naik sepeda keliling kompleks perumahan. Pastikan cukup bergerak sampai tubuh jadi lelah dan berkeringan. Gerakan yang melelahkan diyakini akan menyegarkan hati dan pikiran karena membuat darah mengalir lancar ke seluruh tubuh dan otak.
  2. Have fun with friends. Temukan kegembiraan di tengah teman-teman dan sahabat yang ceria. Tertawalah dan ciptakan kegembiraan bersama mereka. Nggak usah muluk-muluk bikin acara khusus, cukup dengan nonton TV bareng aja pasti kalian akan menemukan hal-hal untuk ditertawakan bersama. Percaya deh, bercanda bareng teman, pasti bad mood akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali!
  3. Jauhi emosi negatif. Marah, sedih, dendam, dan kecewa yang berlebihan adalah emosi negatif yang bisa menghabiskan energi. So, bila sedang dilanda bad mood, tekan sekuat mungkin untuk tidak terperosok dalam emosi yang lebih parah. Cobalah untuk lebih bersabar. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali sampai suasana hati sedikit lega. Kemudian lakukan relaksasi sederhana, seperti memejamkan mata dan menahan nafas hingga beberapa detik.

Saking suka datang di saat yang tidak diduga, bad mood memang menjadi masalah jika kita tidak bisa menghindari hal berikut ini,

  1. Dehidrasi. Jika Bujang Dare merasa lelah, kesal dan sensitif, segeralah minum air putih dingin atau minuman lain yang menyegarkan, terutama setelah olahraga. Namun, hindarilah pengkonsumsian minuman beralkohol dan mengandung kafein, yang bersifat mengurangi cairan tubuh.
  2. Kurang tidur. Kurang tidur akan membuat badan menjadi tidak enak dan mata menjadi menggantuk. Itulah yang membuat menjadi bad mood.  Then, make a sleeping journal. Buat jadwal tidur yang cocok dengan pola tidur yang Bujang Dare inginkan.
  3. Fast food. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat membuat Bujang Dare sedih dan sering mengalami bad mood. Makanan yang kaya akan lemak trans dan lemak jenuh sangat mempengaruhi mood seseorang, dan mampu memicu depresi saat berhadapan dengan masalah, bad  mood akan menjadikan kita jauh lebih sensitif dan meledak. Oleh sebab itu, selalu pilih menu makanan yang sehat, menghindari makanan yang manis dan kaya lemak agar mood tetap terjaga.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Mengendalikan bad mood

iconia PC tablet dengan windows 8 said...

Tips yang bagus, update terus yah blognya dan jangan lupa berkunjung balik.

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.