Tips 3/3: Aman naik pesawat


Saat liburan memang saat yang sudah direncanakan jauh-jauh hari, apalagi kalau Bujang Dare ingin liburan di tempat yang jauh, di luar kota misalnya. liburan bisa mengatasi kelelahan dan juga menyegarkan pikiran, apalagi yang sudah jenuh dengan pekerjaan. Salah satu alat transportasi yang sering dipakai untuk keluar kota menuju destinasi liburan menggunakan transportasi udara, yaitu pesawat. Selain hemat waktu perjalanan harga tiket yang ditawarkan juga bervariasi tergantung kocek Bujang Dare, supaya liburan lancar, Febi akan bagi-bagi tips aman dengan naik pesawat..

  1. Isi perut. Jika memang berencana menempuh perjalanan liburan yang jauh dengan pesawat, maka Bujang Daredisarankan untuk makan terlebih dulu sebelum berangkat. Usahakan untuk bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga protein yang sangat tinggi. karena serat dan protein ini sangat berguna untuk menambah energi selama berada di pesawat sehingga nantinya tidak akan merasa lemas dalam perjalanan yang jauh ini. Atau jika tidak sempat makan, bawalah makanan ringan seperti buah-buahan atau kacang, tapi tetap jaga kebersihan ya.
  2. Tenang dan gunakan sabuk pengaman. Faktor seperti cuaca, ketinggian dan yang lainnya mutlak memiliki berpengaruh besar terhadap penerbangan. Faktor tersebut sifatnya alamiah, sehingga konsistentinya tidak bisa diprediksi. Jangan heran kalau tiba-tiba langit menjadi mendung saat pesawat tinggal landas. Padahal, sebenarnya cerah tak berawan. Hal semacam inilah yang terkadang tak bisa diduga. Mungkin kalau kejadiannya masih di bandara jam penerbangan bisa di tunda. Tapi kalau Bujang Dare sudah terlanjur di atas awan, mau bagaimana lagi? Oleh karena itu, sebaiknya Bujang Dare tetap tenang di tempat duduk dan sesedikit mungkin melakukan mobilitas. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman agar ada perlindungan ekstra. Apalagi kalau pesawat mengalami pergolakan karena perubahan cuaca.
  3. Selalu perhatikan peragaan keselamatan oleh pramugari. Ini sangat penting, karena tiap pesawat memiliki kondisi interior yang berbeda-beda, misalnya dalam hal letak pintu darurat. Kalaupun sudah sering mendengar, tidak ada salahny tetap memerhatikan, sekedar untuk mengingat kembali dan bisa mengantisipasi bila terjadi sesuatu. Baca pula kartu prosedur keselamatan yg biasanya diselipkan di kantong tempat duduk depan anda. Yang tak kalah penting, periksa selalu keberadaan jaket pelampung yg ada di bawah tempat duduk anda. Jika tidak ada, segera minta ke pramugari.

3 yang dihindari dalam penerbangan:

  1. Ponsel dalam keadaan menyala. Ponsel harus dimatikan sepanjang perjalanan, bukan hanya pada saat lepas landas dan mendarat. ketika berada di ketinggian, tidak ada ponsel yang bisa berfungsi karena tidak ada sinyal yang sampai. Bila ponsel dinyalakan, sekalipun dibuat silent, meski tidak ada sinyal, ponsel akan terus mencari-cari sinyal. Hal itu akan mengganggu system komunikasi yg ada di kokpit, karena alat komunikasi pesawat sangatlah sensitif. Alat navigasi juga ikut terganggu sehingga petunjuk arah menjadi tidak akurat bahkan melenceng sama sekali. Meski hanya satu ponsel yang menyala, pencarian sinyal itu akan tetap mengganggu. Apalagi kalau semua ponsel milik penumpang menyala. Bukan mustahil petunjuk navigasi akan hilang beberapa detik dan itu sangat berbahaya dan bisa juga mengakibatkan alat navigasi mati total.
  2. Alkohol. Tekanan udara atau atmospir di dalam kabin sangat rendah. Yang pasti, alkohol yang anda konsumsi akan mempengaruhi sampai pada tingkat yang lebih rendah. Hal tersebut akan membuat Anda mabuk berat. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin hal-hal negatif dari pengaruh alkohol bisa keluar. Termasuk mengamuk di dalam pesawat lantaran panik dan tertekan.
  3. Membawa barang banyak. Bepergian dengan pesawat identik dengan kepraktisan. Bawa barang bawaan seperlunya, jangan berlebih dan berat. Kecuali memang barang yang dibawa tidak bisa dikurangi dan wajib dibawa, tidak bisa di tinggalkan, tinggal siapkan saja uang banyak untuk kelebihan bagasi. Pilah mana barang yang masuk bagasi dan yang mana masuk ke kabin. Jangan bawa barang tentengan banyak ke bagasi, maksimal 2 tas cukup, satu besar, satu ransel/tas tangan isi dompet, ponsel, kamera, barang bacaan atau lainnya. Banyaknya tentengan selain merepotkan bisa jadi tercecer atau tertinggal karena lupa. Taruh dokumen penting dalam satu dompet atau tas kecil seperti tiket, KTP, paspor, kode booking tiket, slip booking hotel, lembar alamat dan dokumen lainnya.

Sekarang sudah tahu ya mana saja yang boleh bujang dare lakukandan tidak saat berada di pesawat, semoga tips seputar aman di pesawat tadi bisa bermanfaat untuk Bujang Dare. Yang ingin liburan dengan pesawat, selamat menikmati liburan, have fun!



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: shebytes.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Aman naik pesawat

Tiket said...

wahh.. bener bgd nih, jangan terlalu banyak bawa barang bawaan, selain biar gak repot, juga biar kita nyaman.

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.