Tips 3/3: Pindah rumah




Memiliki rumah baru pasti menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tapi untuk masalah bersih-bersih saat akan pindah ke rumah baru, seringkali menjadi hal yang menjengkelkan dan merepotkan.  Butuh waktu dan tenaga ekstra untuk segera merapikan barang-barang dan menata kembali seluruh perabotan. Belum lagi, banyaknya boks barang bawaan yang berantakan seringkali membuat bujang dare emosi dan jengkel. Untuk mengatasi masalah ini, ada tips efektif bagi Bujang Dare yang hendak berencana pindah rumah:


  1. Pengepakan. Beberapa minggu sebelum pindah, mulailah menghabiskan barang-barang yang tidak tahan lama dari kulkas. Begitu habis, bersihkan kulkas. Sementara itu, mulailah mengepak barang-barang yang tidak butuhkan selama waktu tersisa. Mulailah menjual atau memberikan peralatan rumah tangga atau tanaman yang tidak akan bawa. Inventariskan barang-barang yang akan dibawa pindahan. Mebel dan barang berharga harus diperiksa dan dicatat kondisinya sebelum pindah. Beri label pada boks atau kotak tempat barang yang sudah dipak. Dengan memberi label, Bujang Dare akan tahu apa isi kotak kemasan yang  dibawa. Memberi label pada kotak pun bisa mempermudah Bujang Dare untuk melakukan pengecekan kembali terhadap barang yang hendak dibawa.
  2. Mengukur dimensi dari setiap kamar sebelum memindahkan perabotan. Saat ingin mengatur ruangan yang akan diisi perabotan, ada baiknya mengukur luas ruangan. Jangan memindahkan perabotan sebelum mengukur area yang akan ditempati. Ada banyak keuntungan jika melakukan pengukuran sebelum memindahkan barang. Pertama, dapat mencegah kecelakaan yang mungkin bisa membuat perabotan lecet atau tergores. Ini juga sangat membantu ketika pergi berbelanja mebel, bisa mengetahui ukuran meja dan kursi yang pas jika ingin diletakkan dalam sebuah ruangan.
  3.  Lindungi perabot pecah belah. Saat pindahan, barang pecah belah seperti piring dan gelas juga butuh perhatian ekstra. Karena membungkus piring dan gelas dengan koran tidak efisien dan memakan waktu. Agar tidak pecah karena goncangan saat berada dalam truk atau mobil, beri alas handuk pada boks sebagai wadahnya. Selanjutnya, tumpuk piring dan gelas dengan hati-hati dalam boks. Pastikan untuk melapisi sisi bawah dan sisi atas dengan handuk tebal. Gunakan handuk sebanyak yang dibutuhkan. Dengan cara ini, dijamin barang pecah belah akan selamat dan aman selama di perjalanan. Usahakan mengangkutnya tidak menggunakan truk, karena guncangannya, bisa bisa membuatnya pecah.

3 perlu Bujang Dare hindari saat pindah rumah:

  1. Memindahkan semua barang dalam satu perjalanan. Jika tidak mungkin, jangan paksakan memindahkan semua barang dalam satu kali perjalanan. Saat pengepakan sebaiknya pisahkan barang elektronik yang akan dibawa seperti TV, laptop, kaca dan barang-barang berat lainnya menjadi perjalanan kedua. Jika memungkinkan bawa barang elektronik dengan mobil. Kecuali jika akan menempuh jarak yang sangat panjang, metode ini biasanya bisa bekerja lebih baik, karena barang-barang elektronik dan kaca sangat rentan pecah atau rusak, sehingga harus lebih hati-hati membawanya.
  2. Buru-buru belanja barang baru. Mentang-mentang rumah baru, saat melihat barang yang menurut bujang dare cocok untuk diletakkan dalam rumah baru langsung beli. Nah, coba untuk menahan godaan ini, karena rumah yang dirancang dengan sempurna saja butuh waktu yang tidak sebentar. Pastikan bujang dare tidak terburu nafsu untuk membeli perabotan tambahan, pertimbangkan dan sesuaikan mana barang yang lebih cocok dan mana yang tidak sesuai untuk rumah. Idealnya, butuh waktu dua bulan untuk mengganti beberapa item yang dirasa pas untuk setiap ruangan dalam rumah. 
  3. Memaksakan diri berkemas di rumah baru. Setelah berhasil mengangkut barang ke rumah baru, pasti pusing untuk merapikannya kembali. Jangan terlalu memaksakan diri. Istirahatkan diri sebelum merapihkan semua perabotan. Karena bergerak membutuhkan waktu dan energi. Jika waktu istirahat telah cukup, maka bisa membongkar dan mengatur kembali perabotan.  utamakan membongkar yang penting-penting dulu. Saking asyiknya, cenderung lupa mempersiapkan makanan dan minum. Untuk berjaga-jaga, mengingat tak ada perlengkapan untuk memasak, maka carilah tempat makan terdekat yang bisa didatangi ketika jam makan tiba.

Yang terpenting saat pindah rumah, jangan lupa untuk memberitahukan teman, kerabat keluarga alamat baru dan tanggal berapa Bujang Dare akan pindah.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi





Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.