Tips 3/3: Atasi stres


Hati senang, stress pun hilang! Kadang - kadang saat beraktivitas menjadi sangat vital buat kesehatan psikis kita. Nah, apakah Bujang Dare bosan seharian nggak ada kerjaan? Atau malah lelah karena beban pekerjaan yang begitu berat? Daripada kebawa suasana yang tak menentu mending kita usir rasa bosan dan lelah yang bisa berujung stress dengan 3 tips berikut ini:

  1. Berteman dengan sinar matahari. Bangun pagi dengan perasaan nggak enak, jangan dibawa kesel terus, buka tirai jendela kamar. Lebih banyak pancaran sinar matahari menerpa tubuh Bujang Dare akan semakin membangkitkan mood. Sering-sering berada di luar rumah juga ada baiknya tapi jangan berjemur di siang bolong. Coba tidur siang dengan keadaan tirai terbuka itu juga akan lebih baik.
  2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Karena karbohidrat adalah penyedia energi yang bagus untuk tubuh dan otak. Perasaan cepat lelah dan mudah marah bisa juga hadir karena kekurangan karbohidrat.
  3. Coba rileks dengan mendengarkan musik. Jenis musik apapun bisa merangsang rasa bahagia dari dalam otak. Biasanya jantung akan berdetak sesuai irama lagu dan membuat Bujang Dare bersemangat.
Lanjut ya, untuk 3 hal yang perlu Bujang Dare hindari:


  1. Kurang olahraga! Berolahraga dipercaya bisa membuat suasana hati lebih nyaman. Hormon endorfin dan serotonin pembangkit mood akan bekerja saat Bujang Dare sedang berolahraga. Lakukan olah raga ringan selama beberapa menit saja bisa membuat Bujang Dare lebih baik dan berpikir jernih.
  2. Jarang ketawa. Kenapa? Karena bisa membuat kita merasa lebih buruk. Jadi sering-seringlah tertawa. Pasalnya gerakan tertawa memicu otak untuk memproduksi hormon endorfin. Perbanyak ketawa tapi jangan cengar-cengir sendirian nggak jelas ya, ntar disangka yang nggak-nggak lho!
  3. Memulai hari tanpa berdoa terlebih dulu. Doa adalah waktu untuk berbicara dengan Tuhan yang menjadi sandaran hidup kita. KepadaNya kita bisa membagi semua hal yang kita alami dan mempercayakan semua hal yang mungkin akan terjadi hari itu, karena semuanya pasti aman didalam tanganNya dan kita pun bisa jadi lebih tenang.

Nah, setelah tau tips ini, tinggal bagaimana Bujang Dare mengaplikasikannya dalam kehidupan. Kapan lagi bisa memulai gaya hidup sehat dengan anti stress, kalau bukan sekarang?


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.