Tips 3/3: Merawat kosmetik



Seperti makanan, make up atau kosmetika memiliki masa kedaluwarsa. Untuk bisa dimanfaatkan secara maksimal, kosmetik perlu dijaga dan harus tahu kapan waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal padanya. Tidak selalu dapat digunakan dan tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Namun ada pula sebelum masa kadaluarsa datang, produk  mengalami kerusakan. Hal itu tentu  akibat kurang merawatnya dengan baik.

Meskipun kosmetik yang kita beli adalah barang yang mahal tetapi belum tentu terjamin kualitasnya jika kita tidak pandai dalam merawatnya. Kosmetik yang kita pakai juga perlu perawatan khusus agar kita yang menggunakan tetap mendapatkan manfaatnya. Ada 3 cara untuk merawat kosmetik dengan baik
  1. Tutup rapat setelah digunakan. Setelah kita menggunakan produk seperti pelembab, bedak ataupun produk lainnya, adakalanya kosmetik yang dipakai langsung ditutup rapat agar udara bebas diluar tidak langsung masuk kedalam produk kosmetik kita. Udara dan debu membuat produk kosmetik cepat rusak. Maka, tutuplah kosmetik hingga rapat. Selain tetap awet, produk kecantikan akan terbebas dari bakteri. udara bebas yang berada diluar diduga mengandung jutaan bakteri yang mampu merusak setiap fungsi bahan-bahan yang berada didalam kemasan.
  2. Jaga kebersihannya. Idealnya, kuas sintetis dibersihkan setiap dua hari sekali. Jika Anda sering menggunakan satu kuas yang sama untuk warna berbeda, amat disarankan untuk mencucinya sebelum digunakan lagi, karena bisa memunculkan warna yang tak diinginkan jika warna sebelumnya masih menempel. Sementara, kuas berasal dari bulu alami, cukup cuci sekali sebulan, tentu disesuaikan pula dengan tingkat intensitas pemakaiannya. Untuk membersihkannya, gunakan shampo khusus bayi, lalu dibilas dengan air hangat yang mengalir, kemudian celupkan ke dalam larutan alkohol dan air. Lap dengan kain/handuk bersih, dan biarkan mengering alami.
  3. Perhatikan tempat penyimpanannya. Kosmetik yang telah digunakan harus disimpan kembali ditempat yang aman,  Simpan dan susun rapi perangkat kosmetik di tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yag baik. Lebih tepatnya simpan di suhu yang stabil dan kering. Khusus untuk kosmetik berformula cair, coba simpan di lemari pendingin. Cara ini bisa mengawetkan dan menjaga kestabilan kandungan kosmetik. Ingat sebelum digunakan, kocok terlebih dahulu agar kosmetik tercampur sempurna. Letakkan di bagian paling bawah saja, jangan di dekat freezer agar produk kosmetika tidak membeku karena produk akan rusak apabila membeku
Kosmetik, tak murah harganya, hindari 3 hal ini untuk menjaganya tetap baik saat digunakan:
  1. Lalai mengecek kadaluarsa kosmetik. Hampir sebagian besar kosmetika tak mampu bertahan lama lebih dari setahun. Semahal apapun harganya jangan sayang untuk membuang kosmetika Anda yang telah kadaluarsa. Tanggal produksi biasanya terlihat dari wadahnya dan jika tak ada punya yang kadaluarsa Anda bisa mengenalinya dan membandingkan dengan yang baru, semisal bau apek atau tak sedap. Dari pada wajah Anda yang jadi korbannya. 
  2. Tukar-tukaran alat kosmetik. Untuk menghindari penularan infeksi kulit maka , jangan meminjam maupun meminjamkan kosmetik Anda pada orang lain. 
  3. Suhu panas/lembab. Umumnya, untuk mempertahankan bentuk dan kekentalan/kepadatannya, makeup diperkaya dengan zat tertentu, karenanya, jika terkena udara lembap atau panas, zat tersebut bisa meleleh. Jika zat tersebut sempat meleleh, ia bisa kehilangan konsistensinya, termasuk fungsinya. 

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.