Tips 3/3: Mengatasi keringat berlebihan




Berkeringat saat cuaca panas dan sehabis berolah raga adalah sesuatu yang normal. Namun, bagaimana jika keringat yang keluar itu berlebihan? Rasa malulah yang bisa anda rasakan. Keringat berlebihan selain menimbulkan   bau badan yang tidak enak juga dapat menjadi sarana yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya jamur. Tentu rasa malu akan bertambah jika tubuh Bujang Dare selain berkeringat juga ditumbuhi jamur alias panu. Berikut 3 langkah mudah yang bisa Bujang Dare lakukan untuk mengatasi keringat yang berlebihan.

  1. Gunakan deodorant dan antiperspirants. Kedua benda ini kadang dijual dalam satu produk dan bisa dengan mudah kita dapatkan di warung-warung. Ada beberapa yang perlu resep dokter terutama yang mengandung bahan bahan khusus untuk pengobatan. Gunakan  deodoran pada saat yang tepat. Umumnya orang menggunakan deodoran pada pagi hari sebelum beraktifitas. Tahukah anda bahwa waktu yang paling tepat menggunakan deodoran adalah pada malam hari? Bila Bujang Dare  menggunakannya pada pagi hari maka saat berkeringat, bahan yang terkandung dalam deodoran akan ikut terbawa oleh keringat sehingga tidak menyerap dengan sempurna. 
  2. Sering mandi. Keringat tidak berbau tapi setelah dicampuri bakteri akan memicu bau. Itu karena bakteri tidak berbahaya yang biasanya tinggal pada tubuh mengubah senyawa dalam keringat Bujang Dare menjadi bahan kimia berbau. Jangan sampai  melewatkan waktu mandi dengan alasan apapun, atau jangan mandi hanya dengan air saja-tidak pakai sabun. Karena, air saja tidak cukup untuk membasmi bakteri. Bujang Dare dapat membasmi bakteri dalam keringat dengan mandi secara teratur menggunakan sabun antibakteri.
  3. Diet disertai dengan olahraga. Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal. Asupan makanan yang berlebih pemicu keringat berlebih. Karena makanan tersebut  sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Untuk itu ganti menu makanan dengan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan agar tubuh mudah mencernanya.

 3 hal yang perlu dihindari jika Bujang Dare hendak atas keringat berlebih:

  1. Makanan pedas. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu hindari mengkonsumsi jenis makanan ini,  jika tak ingin tubuh berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap. 
  2. Pakaian ketat dan dari bahan sintetis. Penggunaan pakaian ketat saat bekerja terutama pada saat cuaca panas. Semakin ketat pakaian yang anda gunakan maka akan semakin terasa panas. Pakaian yang longgar lebih baik dari pakaian ketat yang tidak memungkinkan   udara untuk bersirkulasi. Pakai baju terbuat dari bahan non-sintetis.Bahan kantun atau kaos dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh lebih mudah berespirasi. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat berlebih, sehingga menghindari tubuh dari bau badan.
  3. Hindari minuman berenergi dan kopi. Minuman kopi dan minuman berenergi dapat mempercepat laju sistem syaraf yang berperan penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Untuk itu sebaiknya anda menghindari asupan minuman kopi serta minuman-minuman berenergi.

Selamat mencoba.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.