Tips 3/3: Tips mengelola gaji


Kalau udah gajian, terkadang sulit buat kita untuk mengontrol pengeluaran, jadinya tidak terkontrol, parahnya belum akhir bulan kita sering menderita kanker alias kantong kering. Mayoritas bingung gimana caranya bisa menyimpan uang agar tidak cepat habis. Selain mesti pinter-pinter ngelola uang ada beberapa tips berikut yang dicoba untuk bisa menghemat uang Bujang Dare.

  1. Bedakan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Sejatinya apa yang dikategorikan kebutuhan adalah sesuatu yang memang dibutuhkan. Jika tidak terpenuhi, akan berdampak buruk, seperi makanan, rumah, atau pakaian. Lalu apa yang disebut keinginan? Keinginan adalah sesuatu yang tidak mutlak dipenuhi, dan hanya bersifat pilihan. Agar tak boros, Bujang Dare harus pandai-pandai selektif memilih, seperti hindari membeli makanan yang sejenis dengan makanan pokok.
  2. Buat daftar pengeluaran setiap bulan. Yang termasuk dalam hal ini adalah dana untuk cicilan atau sewa rumah, listrik, air, telepon, kebutuhan sehari-hari untuk makan dan baju, ongkos transportasi, jalan-jalan dan nonton ke bioskop. Agar lebih mudah, Bujang Dare bisa membuatnya di komputer. Jumlahkan seluruh pengeluaran. Tulis jumlah pemasukan setiap bulan, lalu kurangi dengan jumlah pengeluaran. Buat rencana pemasukan dan rencana pengeluaran di mana setiap akhir bulan harus ada banyak uang yang ditabung. Disiplin ketat dan jangan pernah melanggar anggaran yang ada kecuali sangat penting dan mendesak. Saat buat daftar, jangan lupa Bayar dulu semua tagihan, Dengan menyisihkan lebih dulu, pengeluaran akan lebih terkontrol dan Bujang Dare tidak panik saat mendadak membutuh uang.
  3. Ubah gaya hidup. Misalnya, Lebih sering memasak di rumah dan membawa bekal ke tempat beraktifitas.  Memasak sendiri daripada membeli makanan di luar untuk dimakan di rumah, dan lebih bagus lagi justru bisa dijadikan bekal untuk dibawa, akan sangat menghemat uang. Tidak perlu juga dilakukan selamanya. Hitung saja berapa kali dalam sebulan harus membawa bekal untuk menghemat sejumlah uang, dan sisa hari lainnya boleh saja makan di luar dengan budget makan seperti biasanya. Beli baju di toko yang memberikan diskon atau tunggu saat sale tiba. Batasi pembelian baju, cukup 2-3 bulan sekali. Lakukan servis berkala pada kendaraan Bujang Dare. Hal-hal sederhana ini bisa memperpanjang usia kendaraan, sehingga tidak perlu membeli kendaraan baru lagi selama beberapa waktu ke depan.

Ini dia 3 hal yang patut dihindari

  1. Terlambat membayar tagihan/hutang. Semakin lama Bujang Dare mengambil sebuah kredit dari perusahaan finansial manapun, berarti Bujang Dare membuang-buang uang sendiri dan memperkaya institusi yang sudah kaya. Berusahalah untuk fokus melunasi hutang ataupun memperkecil bunga yang harus dibayar secepatnya. Biasakan pula untuk membayar tagihan lainnya seperti listrik, telepon, air dan lain-lain tepat waktu supaya tidak kena denda yang hanya akan merugikan diri sendiri.
  2. Belanja dengan kartu kredit. Kemudahan berbelanja dengan kartu kredit akan menjebak Bujang Dare selanjutnya. Meskipun dengan membawa kartu kredit jauh lebih simpel dan praktis, Tak perlu jadi kolektor kartu kredit, dan gunakan kartu ini hanya saat darurat. Gunakan kartu debet, jadi Bujang Dare hanya membelanjakan uang sebatas kemampuan. Kecuali, Bujang Dare bisa membayar seluruh tagihannya sekaligus saat jatuh tempo.
  3. Teman-teman dengan gaya hidup boros. Bila punya teman yang kerjanya membeli baju dan tas model terbaru, hingga gadget paling canggih dan mobil paling keren setiap saat, juga makan di luar setiap hari dan hanya bersenang-senang selalu, lebih baik jaga jarak saja. Mereka mungkin sebenarnya adalah teman yang baik dan sama sekali ga bermaksud menyombong atau apapun, tapi berteman dengan orang yang demikian akan membawa Bujang Dare terbawa dengan gaya hidupnya, yang sama sekali tidak mampu untuk Bujang Dare penuhi sebetulnya!

So, berani untuk hidup hemat? Selamat mencoba.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: indulgy.com



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.