Tips 3/3: Agar tidur lebih menyehatkan



Gangguan tidur merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa menimpa siapa saja. Kurang tidur tidak hanya membuat Bujang Dare mudah mengantuk, tetapi juga memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Lantas apa yang harus dilakukan? Langkah pertama adalah dengan membangun rutinitas sehat sebelum tidur. Berikut adalah beberapa tip yang dapat dicoba untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks sehingga membantu membawa Bujang Dare tidur lebih lelap dan menyehatkan:

  1. Bersantai sebelum tidur. Berikan waktu untuk tubuh Bujang Dare bersantai minimal 30 menit sebelum pergi ke tempat tidur. Matikan televisi, komputer, video game, atau segala sesuatu yang dapat merangsang Bujang Dare untuk beraktivitas. Biarkan pikiran Bujang Dare beralih dari modus kerja ke modus tidur. Jauhkan segala macam bentuk barang elektronik, seperti ponsel dari tempat tidur Bujang Dare.
  2. Makan, minum, dan menjaga kesehatan. Tubuh Bujang Dare ibarat mesin besar yang membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk metabolisme. Hindari makan besar saat malam hari. Makanlah lebih awal dan hindari makanan berlemak atau makanan yang mungkin dapat mengganggu tidur Bujang Dare. 
  3. Gunakan aroma terapi. Minyak aromaterapi, seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar, dan kayu cendana, memiliki efek sedatif (menenangkan) ketika dihirup. Gosokkan sedikit aroma terapi pada bagian dalam pergelangan tangan atau pada pelipis, lalu hiruplah aromanya hingga membuat Bujang Dare terhanyut ke alam mimpi.

Jangan lupa pula untuk menghindari 3 hal berikut ini:

  1. Stress. Jika Bujang Dare merasa sulit mengatasi stres, cobalah melakukan rutinitas yang dapat membuat tubuh Bujang Dare menjadi lebih rileks, misalnya berendam di air hangat atau meneguk segelas susu hangat. Lakukan sedikit peregangan atau teknik relaksasi napas dalam sambil mendengarkan alunan musik yang menenangkan. Matikan lampu untuk menginduksi produksi melatonin, yakni hormon yang membantu Bujang Dare terlelap.
  2. Tidak punya jadwal tidur. Bujang Dare mungkin bukan lagi anak kecil yang dapat diatur kapan harus tidur dan bangun. Akan tetapi, mengatur jadwal tidur sangatlah penting. Idealnya, setiap orang harus dapat menentukan kapan waktu untuk tidur. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, tubuh Bujang Dare akan mulai terbiasa untuk tidur tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal agar tubuh Bujang Dare dapat beristirahat lebih panjang. Apa efeknya? Ketika bangun, tubuh Bujang Dare akan terasa lebih segar dan bertenaga.
  3. Hindari tidur siang terlalu sore. Berhati-hatilah dengan waktu tidur siang. Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang atau mengejar kekurangan waktu tidur, tetapi jika tidur siang terlalu sore, Bujang Dare mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.