Tips 3/3: Jaga kesehatan mata



Bujang Dare pasti menginginkan mata yang sehat, tapi sebagian besar orang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Penyakit mata yang muncul sebenarnya masih bisa diminimalisir dan diturunkan resiko terkenanya, asalkan bujang dare bisa merawat mata sejak dini. Ada 3 hal yang bisa Bujang Dare lakukan untuk menjaga kesehatan mata,

  1. Nutrisi untuk mata. Lindungi mata dengan makanan di piring. Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel mata dan sel-sel tubuh secara keseluruhan dari kerusakan oleh radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna-warni cenderung kaya akan antioksidan. Vitamin A secara khusus sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Wortel adalah sumber utama pro-vitamin A.
  2. Gunakan pelindung mata. Jika bekerja dengan bahan berbahaya, pakailah kacamata pelindung yang dapat melindungi mata dari cedera, kerusakan, dan kebutaan. Kenakan helm  ketika mengendarai sepeda motor. Olahraga tertentu seperti hoki dan berenang juga dapat berisiko mencederai atau merusak mata. Pakailah pelindung mata seperti helm dan kacamata olahraga untuk melindungi mata. Lindungi mata dari sinar matahari dengan kaca mata hitam yang dirancang khusus untuk melindungi mata jika memang berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama. 
  3. Penggunaan cahaya yang cukup. Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor.


3 yang perlu Bujang Dare hindari:

  1. Merokok. Perokok berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak,  sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik. Jika sudah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan gagal, cobalah lagi. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak mencoba untuk berhenti merokok, semakin besar peluang keberhasilan.
  2. Mengucek mata. Saat mata terkena debu atau benda asing, tak jarang kita secara refleks menggosok atau mengucek mata. Jangan terlalu kuat, dikhawatirkan benda asing tadi benar-benar masuk ke mata. Dan perhatikan juga kebersihan tangan saat menyentuh mata.
  3. Kebiasaan jelek saat membaca dan menonton TV. Usahakan menonton dan membaca dalam keadaan terang. Jangan terlalu dekat jarak saat menonton, idealnya 2,5 -3 meter. Untuk membaca, pastikan posisi duduk yang relaks, sumber cahaya dari arah belakang atau samping. Atur jarak bacaan 30-40 cm. Baik untuk menonton dan membaca, jangan terus-menerus atau kelamaan, sesekali istirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak atau melihar jauh. 


Perhatikan selalu kesehatan mata, mata yang indah adalah mata yang sehat.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Jaga kesehatan mata

dimdroid said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.