Tips 3/3: Cerdas memilih makanan ringan



Mungkin banyak dari Bujang Dare yang gampang tergoda dengan makanan ringan atau cemilan. Saat ini Bujang Dare dapat dengan bebas menemukan berbagai jenis makanan ringan dengan warna, bentuk dan saras menarik mulai dari yang diproduksi modern maupun tradisional. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana Bujang Dare memilih makanan ringan yang sehat? Ada 3 hal yg bisa Bujang Dare coba:

  1. Amati warnanya. Hal pertama yang harus Bujang Dare lakukan adalah mengamati apakah makanan tersebut memiliki warna cerah yang mencolok. Makanan ringan seperti kerupuk, mie, atau es krim yang memiliki warna sangat terang dan mencolok kemungkinan telah ditambahkan pewarna yang tidak aman bagi tubuh.
  2. Cicipi contoh. Lidah biasanya cukup mampu untuk membedakan mana makanan yang aman atau dan mana makanan yang tidak aman. Terlebih dahulu usahakanlah untuk mencicipi sampel dari makanan yang akan Anda konsumsi, makanan yang termasuk kategori tidak aman biasanya berasa tajam, membuat lidah sedikit bergetar dan membuat tenggorokan menjadi gatal.
  3. Cium aromanya. Bila memiliki bau basi, atau bau kecut maka makanan tersebut telah rusak atau sudah terkontaminasi dengan mikroorganisme.


Jika Bujang Dare sudah paham bagaimana memperhatikan makanan ringan yang aman. Tidak ada salahnya juga mengetahui beberapa hal yang patut dihindari, seperti:


  1. Kurang peduli kandungan makanan. Seharusnya Bujang Dare perhatikan dengan seksama bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Mungkin saja ada bahan yang dapat mengganggu kesehatan.
  2. Tak perhatikan tampilan makanan. Jangan sampai Bujang Dare mengabaikan kualitas makanan ringan. Kadang ada makanan ringan yang telah bercampur dengan jamur yang dapat menyebabkan keracunan. Makanan yang berjamur menandakan bahwa proses pembuatannya tidak berjalan dengan baik atau makanan tersebut telah kadaluarsa.
  3. Mengabaikan tanda-tanda khusus. Bujang Dare juga tidak boleh lupa memeriksa apakah makanan ringan tersebut telah terdaftar di BPOM juga tanggal kadaluarsanya. Walaupun namanya makanan ringan, dampaknya bagi kesehatan Bujang Dare cukup besar loh. Apalagi Bujang Dare yang muslim juga harus memastikan kehalalan produk tersebut dengan tanda khusus dari MUI atau lembaga lainnya yang berwenang. So, pastikan makanan ringan tersebut baik untuk dikonsumsi.




Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @lisaragih

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.