Tips 3/3: Memelihara kelinci






Hari ini Lisa akan berbagi info tentang memelihara kelinci. Sekarang banyak banget pilihan hewan peliharaan yang bisa Bujang Dare jadikan teman berbagi kasih sayang, salah satunya kelinci. Untuk Bujang Dare yang baru saja ingin memelihara kelinci-kelinci yang lucu di rumah, simak 3 hal yang dianjurkan ini,  supaya gak ada lagi kejadian kelincinya mati setelah satu atau dua hari dibeli:
  1. Pertama, kalau Bujang Dare ingin membeli anak kelinci, sebaiknya pilih yang kira-kira memiliki usia yang sama. Perhatikan juga berat badannya si kelinci, agar tidak saling terinjak ketika disatukan dalam satu tempat.
  2. Jika Bujang Dare baru belajar memelihara kelinci, belinya cukup satu atau dua ekor saja. Nanti kalau Bujang Dare sudah mahir dalam memeliharanya, baru deh boleh menambah jumlah kelinci peliharaan.
  3. Apabila Bujang Dare punya halaman atau pekarangan hijau, bisa tuh kelinci  peliharaannya Bujang Dare diberikan kesempatan untuk jalan-jalan. Jadi pagi-pagi banget, sambil kelinci Bujang Dare diberi makan kangkung segar, biarkan juga dia makan rumput-rumput liar di halaman. Hasilnya, kelinci peliharaan jadi gesit dan cepet sehat.

Memelihara kelinci susah-susah gampang. Ini dia 3 hal yang sebaiknya tidak Bujang Dare lakukan atau wajib dihindari:
  1. Memberi minum anak kelinci terlalu banyak. Untuk anak kelinci sebaiknya jangan diberi minum dulu karena pada usia bayi kelinci perutnya belum kuat untuk mencegah kematian pada bayi kelinci. Untuk alasan ini juga, bayi kelinci sebaiknya jangan dikasih wortel atau sayuran yang terlalu banyak mengandung air. Setelah umur 3-4 bulan, baru Bujang Dare bisa memberinya air minum atau makanan yang mengandung jumlah air yang banyak.
  2. Membiarkan kandangnya terpapar angin dan hujan. Jangan sampai kelinci peliharaan Bujang Dare kedinginan, apalagi kehujanan. Kelinci yang biasanya dijual di pinggir-pinggir jalan, umurnya masih sangat kecil, dan seharusnya masih diasuh sama induknya supaya memperoleh kehangatan. Sebagai penggantinya, anak kelinci maupun kelinci dewasa butuh kandang hangat yang sesuai
  3. Menggendongnya ke sana kemari. Anak kelinci Bujang Dare jangan kebanyakan dipegang-pegang atau digendong-gendong.


Selamat memelihara kelinci ya, semoga kelinci Bujang Dare tumbuh sehat, menggemaskan dan menjadi kesayangan keluarga.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @lisaragih



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Tips 3/3: Memelihara kelinci

Faizal Indra kusuma said...

Wah... Nice information ya. Aku juga suka kelinci, dulu aku pernah melihara. Tapi udah gak.

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak said...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.