Tips 3/3: Mencatat pelajaran




Hari ini special untuk Bujang Dare yang mahasiswa dan siswa yang punya kebiasan mencatat. Yap, benar Bujang Dare, membuat catatan bukan barang baru untuk seorang mahasiswa dan siswa sekolah. Untuk menghasilkan catatan yang efektif dan efisien ada beberapa hal yang perlu Bujang Dare lakukan sekaligus juga dihindari, 3 di antara yang dianjurkan, Lisa kasih tahu sekarang ya:

  1. Yang pertama, catatlah secara selektif. Artinya Bujang dare hanya perlu mencatat yang penting-penting saja dan yang sukar diingat. Tidak perlu mencatat setiap perkataan dari pembicara. Seleksi dan catatlah poin-poin.
  2. Bujang Dare bisa menggunakan kata2 sendiri dalam mencatat. Mencatat kata per kata dari dosen atau guru  bisa membuat Bujang Dare ketinggalan pelajaran karena konsentrasi akan terbagi antara mencatat dan mendengarkan materi. Bujang Dare juga jadi lebih gampang memahami catatan karena menggunakan bahasa yang lebih mudah dicerna.
  3. Gunakan simbol-simbol yang Bujang Dare mengerti untuk meringkas kata-kata. Penggunaan simbol-simbol ini akan sangat menghemat waktu. Misalnya symbol kurang (-) untuk poin ‘kekurangan/kelemahan” atau symbol plus (+) untuk poin “manfaat/keunggulan/kelebihan”.

Jika tadi Bujang Dare sudah simak nih hal-hal yang dianjurkan dalam kegiatan membuat catatan. Ketika ada hal yang dianjurkan, berarti ada juga yang harus dihindari Bujang Dare. Ini dia Lisa kasih tahu, Bujang Dare.
  1. Hindari mencatat secara keseluruhan. Bujang Dare bisa menyeleksi mana yang memang butuh dicatat dan mana yang tidak. Seleksilah secara otomatis dan catatlah poin-poin penting saja.
  2. Monoton dalam mencatat. Bujang Dare bisa mengaplikasikan warna yang membuat catatan Bujang Dare lebih berwarna dan menarik untuk dipelajari. Warna-warna juga bisa digunakan untuk menunjukan poin-poin penting.
  3. Malas untuk mengulang kembali membaca catatan yang sudah Bujang Dare buat. Dengan begitu Bujang Dare jadi lebih cepat paham dan mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada dalam catatan.
Selamat mencoba!


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @lisaragih


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.