Tips 3/3: Memasak sehat di rumah





Tidak sulit menyiapkan makanan sehat dan bergizi dari rumah. Yang diperlukan hanyalah menyiapkan bahan-bahan makanan yang sehat. Rencanakan menu yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Usahakan hindari memanaskan kembali makanan karena akan merusak kandungan gizi. Apabila terlalu banyak makanan bersisa, tutup makanan dengan plastik film sebelum dimasukkan ke kulkas guna mencegah pencampuran rasa. Seperti diungkapkan Ahli Gizi Sveta Bhassin, berikut ini tips memasak sehat di rumah:

  1. Cuci sayuran dengan baik. Sayuran mentah biasanya terlalu banyak mengandung pupuk dan pestisida. Sebaiknya sebelum digunakan, cuci dan rendam sayuran di wastafel penuh dengan larutan kalium permanganat. Kemudian bilas dengan air biasa.
  2. Menghindari bahan yang malah merusak nutrisi makanan. Saat memasak sayuran berdaun hijau tidak perlu memasak dengan tambahan jeruk nipis atau asam. Sebab warna hijau zaitun dari sayuran hijau akan sulit menyerap nutrisi.
  3. Tidak terlalu lama membiarkan masakan di atas api. Untuk memastikan makanan tidak terlalu matang, rebus air tanpa meletakkan tutup di atas panci atau alat memasak lainnya. Kemudian ketika mendidih masukkan bahan dan tutup rapat panci, lalu masak makanan dengan api kecil selama beberapa waktu.
Jangan lupa pula untuk hindari ini:
  1. Menyimpan bawang yang sudah dipotong lebih dari 10 menit. Bawang harus dipotong dan disimpan paling lama 10 menit sebelum disajikan. Sebab dengan waktu tersebut zat quercetin sebagai antioksidan masih aktif.
  2. Menggunakan peralatan masak yang dicat atau dihias. Beberapa di antaranya terbuat dari bahan racun timah dan perak yang menyebabkan gangguan pencernaan parah.
  3. Menggunakan peralatan masak dari aluminium. Karena menyebabkan kadar tinggi aluminium dalam jaringan otak. Penderita Alzheimer memiliki kadar aluminium tinggi di jaringan otak. Peralatan masak yang paling aman adalah terbuat dari pyrex dan stainless steel.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @elis_tening


Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

One Response to Tips 3/3: Memasak sehat di rumah

butterfly said...

Halo Admin http://volarefm.blogspot.com

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://volarefm.blogspot.com
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kiri.
Dan kami akan menampilkan link http://volarefm.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur.

Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

Terima kasih atas kerjasamanya :)
Salam,

-- Humas Vemale.com
Ari Rahmawati

Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.