Tips 3/3: Agar Diet Berhasil


3/3
Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, momen awal tahun tepat dijadikan sebagai titik awal program diet. Dari sini, akan lebih mudah mengevaluasi perkembangan program dietnya sekaligus mengobarkan euforia tahun baru. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar resolusi ini tak hanya menjadi jargon semata. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar program diet dapat berhasil.

a. Makan sayuran dan buah
Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang penting bagi keberhasilan diet. Sayuran boleh dikonsumsi banyak-banyak, tetapi buah tidak, batasannya sekitar 3 buah sehari. Penyebabnya karena buah memiliki kalori yang lebih tinggi. Menghindari makan malam tetapi makan banyak buah, misalnya separuh pepaya, kalori yang masuk akhirnya sama.

b. Hati-hati dengan karbohidrat
Karbohidrat masih menjadi pilihan penting walaupun banyak orang yang sedang menurunkan berat badan merasa takut mengkonsumsinya. Oleh karena itu, pilihlah karbohidrat yang sehat, yaitu karbohidrat kompleks yang masih ada seratnya. Contohnya adalah beras merah, beras yang masih ada kulit arinya atau beras tumbuk yang belum banyak diselep berkali-kali. Jika tidak suka makan nasi, karbohidrat sehat bisa diperoleh dari havermut, kentang rebus, roti atau whole wheat.

c. Protein harus cukup
Ada beberapa orang yang tidak lebih memilih banyak nasi tapi proteinnya sedikit sekali. Protein yang dikonsumsi sebaiknya berupa hewani dan nabati. Untuk protein hewani, sebaiknya pilih yang tanpa lemak. Untuk mengurangi lemak, sebaiknya jangan sering menggoreng makanan. Dengan kata lain, hindari gorengan.

3 yang dihindari

a. makanan cepat saji
Makanan instan dan fast food harus dijauhi. Fast food mengandung banyak kalori, lemak, gula dan garam yang disimpan dalam lemak sehingga cepat menyebabkan kenaikan berat badan. Mie instan juga demikian karena mudah sekali diproses tubuh sehingga kadar gula bisa langsung naik dan disimpan dalam bentuk lemak. Akan lebih baik jika mi instan diganti pasta yang whole wheat.

b. Lupa sarapan
Pagi-pagi harus sarapan dengan karbohidrat kompleks. Sarapan sangat penting agar metabolisme tubuh tidak drop. Sarapan yang sehat dan sederhana dapat dilakukan dengan mengkonsumsi karbohidrat, telur rebus dan sayur.

c. Lupakan susu
Untuk pelaku program diet, sebaiknya konsumsi susu tanpa lemak karena kalsiumnya membantu metabolisme lemak dan proteinnya bagus. Satu gelas susu skim tanpa lemak mengandung 80 kalori, jadi kalau minum 2 gelas masih boleh. Jangan minum susu full cream atau yang low fat karena masih ada lemaknya.

Yang pasti selain diatas, jangan lupa juga untuk teratur berolahraga dan minum air putih lebih dirutinkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.