Tips 3/3: Bakar Kalori


3/3
Membakar kalori tidak selalu dengan berolahraga atau fitnes. Kegiatan yang terlihat sepele ternyata juga bisa membantu mengurangi kelebihan kalori dan membuat tubuh jadi lebih fit. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan.

a. Belanja Bulanan
Mendorong troli atau keranjang belanja yang berisi banyak barang di supermarket bisa membakar hingga 243 kalori hanya dalam satu jam. Ambil dan bawa sendiri barang belanjaan Anda, pindahkan belanjaan dari troli ke dalam mobil sendiri, dan kembalikan lagi troli ke tempat yang seharusnya. Bujang Dare pun bisa menambah ekstra kalori yang terbakar.

b. Menyetrika dan Melipat Baju
Menyetrika baju adalah tugas rumah tangga yang paling dibenci wanita. Tapi mungkin mereka akan berubah pikiran jika tahu bahwa kegiatan ini bisa membakar hingga 76,5 kalori bila dilakukan selama 30 menit. Habis menyetrika, biasanya kita akan melipat baju. Nah, aktivitas ini ternyata bisa menambah kalori yang terbakat. Sekitar 72 kalori dalam 30 menit. Semakin besar ukuran baju, akan semakin bagus.

c. Mengepel dan Menyapu lantai
Jangan selalu mengeluh kalau mendapat giliran tugas mengepel lantai. Jadikan tugas ini sebagai aktivitas fisik untuk mengurangi kalori berlebih. Mengepel lantai selama 30 menit, membakar hingga 153 kalori. Menggerakkan gagang sapu ke depan dan belakang, atau samping kiri dan kanan selama 10 menit ternyata bisa membakar sedikitnya 28 kalori. Maka jangan kesal jika ada debu dan kotoran di lantai rumah. Segera ambil sapu dan buang ke luar.

3 hal yang dihindari

Pola makan dan gaya hidup modern ditengarai membuat orang makin susah menurunkan berat badan.

a. Kebanyakan duduk
Ketika seseorang duduk, maka metabolismenya akan melambat. Hal tersebut disebabkan oleh enzim yang disebut lipoprotein lipase, yang berada di dalam pembuluh darah dari otot. Ketika seseorang berdiri, maka otot-otot postural yang menopang berat badan, terutama otot pada kaki akan melepaskan enzim tersebut yang bekerja membakar lemak. Tetapi ketika sedang duduk diam, dan tidak bergerak setiap 30-90 detik, maka lemak akan tetap berada di arteri. Kemudian lemak tersebut dapat disimpan dalam jaringan adiposa atau jaringan lemak tubuh.

b. Menonton TV sambil makan
Banyak orang yang menikmati makan malam sambil menonton televisi. Kebiasaan ini tanpa disadari sudah menumpuk lemak dan menyulitkan Bujang Dare untuk menurunkan berat badan.

c. Kemana-mana naik mobil
Bagi orang yang hidup di kota besar, kegiatan berjalan kaki mungkin sudah jarang dilakukan karena fasilitas kendaraan banyak tersedia, terlebih untuk orang yang memiliki kendaraan pribadi. Padahal fakta telah menunjukkan jalan kaki dengan kecepatan sedang merupakan salah satu latihan aerobik yang bisa membakar lemak dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Kalaupun memang mengendarai mobil, Parkir kendaraan di bagian paling jauh dari tempat tujuan. Dengan memarkir kendaraan pada posisi paling pojok, maka Bujang Dare akan berjalan lebih jauh ke tempat tujuan sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.