Tips 3/3: Ubah Kebiasaan Makan


3 dan 3
Menjalani gaya hidup sehat dan sukses menurunkan berat badan sangat tergantung dari kemauan keras Bujang Dare untuk mengubah kebiasaan makan tak sehat. Jika selama ini terbiasa mengonsumsi makanan tinggi garam, gula, lemak dan kalori, kini mulailah beralih ke makanan yang lebih sehat dan rendah kalori.
a. Buah-buahan
Buah-buahan seperti jeruk, aprikot, semangka, lemon, peach, raspberry, blueberry, stroberi termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kalori sedikit. Buah-buahan yang berserat dan megandung banyak air juga seringkali disebut para ahli nutrisi sebagai 'makanan yang mengandung kalori negatif'. Artinya, jumlah kalorinya aman dan bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dengan cukup. Tidak berlebihan. Buah juga mudah dicerna dan dapat diproses tubuh secara sempurna.

b. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang merah atau kacang polong hanya mengandung 25 kalori dalam setiap penyajian (sekitar 3,5 ons atau setara 98 gram). Jadi jika Bujang Dare mengolah dan mengkreasikannya dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal lain, tentunya akan menghasilkan makanan lezat yang rendah kalori.

c.  Sayuran
Seperti halnya buah yang memiliki 'kadar kalori negatif', banyak jenis sayuran juga rendah kalori namun kaya nutrisi. Misalnya wortel, ketimun, lobak, brokoli, tomat, seledri, selada, kol, daun bawang dan juga bayam. Sayur-sayuran ini membuat usus kita berfungsi dengan baik, serta membantu tubuh menggunakan kalori yang lebih besar daripada yang dimakan. Hal ini membuat bentuk tubuh jadi lebih ideal juga baik untuk proses pencernaan.

3 Jenis makanan/ minuman penyumbang kalori besar
Kita semua tahu bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang kita konsumsi. Sayangnya, ini berarti bahwa hanya ada dua cara untuk mencapai berat badan yang sehat: makan lebih sedikit atau lebih banyak berolahraga. Nah, jika Bujang Dare memilih untuk mengurangi kalori, cara paling mudah adalah dengan mengetahui makanan apa saja yang merupakan penyumbang kalori terbesar. Jika Bujang Dare memilih metode pemangkasan kalori, Bujang Dare sudah tahu betapa sulitnya bisa menurunkan asupan kalori harian Anda. 3 Asupan makanan rendah kalori

a.  Gorengan yang dilapisi tepung
Selain gorengan tahu, tempe, atau ubi yang dijual di tukang gorengan di pinggir jalan, hindari juga daging yang dilapisi tepung roti, seperti roti ayam dan udang goreng. Tepung menyerap lebih banyak minyak daripada daging saja, sehingga Bujang Dare mungkin mendapatkan lebih banyak lemak dalam makanan tanpa disadari. Beralihlah dari menu ayam goreng ke ayam panggang, daging panggang, atau rebus sebagai gantinya.

b.  Keripik dan kerupuk
Sambil bekerja atau menonton televisi, paling enak memang mengemil keripik kentang atau makanan renyah lainnya. Padahal, keripik mengandung garam dan minyak yang tinggi. Menurut penelitian, 15 potong keripik kentang saja mengandung 160 kalori yang akan menyebabkan penambahan berat badan 0,7 kg dalam empat tahun. Padahal, 15 potong keripik pasti tak cukup untuk Anda. Ini artinya lebih besar jika dibandingkan dengan makanan manis dan dessert yang menyebabkan penambahan sekitar 0,4 kg.

c. Kopi dengan tambahan berbagai pemanis
Disebut pemanis, karena yang membuat kopi di gerai kopi menjadi manis saat ini bukan sekadar gula, melainkan juga gula pasir, sirop, atau madu. Dan, ketika sudah membayangkan minuman kopi yang lezat kita jadi menambahkan lebih dari satu jenis pemanis. Misalnya, selain gula, kita juga menambahkan madu, sirup karamel, vanila, hazelnut, moka, atau whipped cream. Tentu saja jumlah kalori dalam segelas kopi melonjak tajam. Coba kurangi sedikit demi sedikit berapa sendok gula yang Bujang Dare tambahkan pada kopi.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.