Tips 3/3: Atasi Perut Kembung


3/3
Perut kembung kerap kali membuat tidak nyaman dan ganggu aktivitas. Beberapa makan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat membuat perut terasa kembung, meskipun makanan tersebut tampak sudah cukup sehat. Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam. Misalnya, reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya,

a. Mengkonsumsi 25 Hingga 35 gram Serat setiap Hari
Sembelit sering membuat kita merasa kembung dan juga kekenyangan. Untuk mengurangi rasa kembung dan juga meningkatkan kesehatan usus, konsumsilah makanan yang mengandung serat. Biji rami, wortel, jeruk, dan barley termasuk dalam makanan yang mengandung serat mudah larut. Sedangkan sayuran berdaun hijau gelap, bayam, kale, kacang-kacangan serta biji-bijan termasuk dalam serat yang tidak mudah larut.

b. Minum 2 Liter Air Per Hari
Minumlah satu hingga dua liter air per harinya untuk membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Air akan membantu mengeluarkan kotoran yang menyebabkan perut kembung yang berada dalam tubuh.

c. Porsi Makan yang Lebih Kecil
Dibandingkan memakan tiga porsi besar makanan dalam satu hari, makanlah lima porsi kecil makanan setiap harinya. Dengan begitu tubuh mendapatkan waktu untuk mengekstraksi makanan dan memanfaatkan semua nutrisi yag terkandung pada makanan dengan lebih baik.

3 hal yang dihindari

a. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet membuat Bujang Dare menelan gelembung udara dalam jumlah yang lebih banyak sehingga menimbulkan perasaan kembung. Daripada mengunyah permen karet, ubah kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk pencernaan seperti yoghurt.

b. Sayuran Mentah.
Meskipun mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.Sayuran mentah membuat rasa lembung pada pencernaan. Rebus terlebih dahulu sayuran agar menghilangkan efek perut kembung. Misal, Brokoli, Kacang-Kacangan, Bawang dan Kubis. Makanan yang bernutrisi dan juga lezat ini adalah salah satu faktor penyebab utama perut kembung. Mereka mengembang dalam saluran pencernaan dan meningkatkan emosi. Hindari makanan ini jika Bujang Dare merasa kembung.

c. Alkohol dan Kopi
Senyawa Karbonat yang terkandung pada bir menyebabkan perut kembung dan juga teriritasi, terutama ketika zat asam yang berada pada tubuh menyebabkan pembengkakan.
Seperti alkohol, zat adiktif yang terdapat pada kopi juga membuat iritasi dan perut kembung. Kurangi mengkonsumsi kopi jika sedang mengalami perut kembung.

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.