Tips 3/3: Agar disayang teman



Bayangkan misalnya, apa yang akan Bujang Dare rasakan jika bertemu orang yang selalu menonjolkan ke-"aku"-annya. Rasa jengkel atau paling tidak merasa tidak nyaman saat berbicara dengannya mungkin itulah yang dirasakan Bujang Dare. Saat berbicara, dia selalu mendominasi, selalu menonjolkan diri.

Nah, perlu tahu bahwa sifat seperti ini hanya akan membuat dijauhi orang orang di sekitar. Tidak ingin dijauhi, ikuti 3 tips berikut bagaimana caranya pintar membawa diri supaya kita senantiasa dikelilingi sahabat atau orang yang kita sayangi.

  1. Jadilah bagian dari yang penting bagi mereka. Tunjukkan dukungan Bujang Dare untuk apa yang mereka capai, entah itu saat mereka merayakan momen kebahagiaan seperti ulang tahun, menikah, maupun saat sedih. Jangan saat suka cita saja kita berada disamping mereka, tapi saat sedih kita juga harus selalu ada. Misalnya, saat teman sakit, tawarkan diri untuk mengantar mereka berobat ke dokter. 
  2. Jaga kepercayaan. Misalnya jika teman mempercayakan Bujang Dare untuk menjaga rahasia, menjaga rahasia sepertinya persoalan gampang, namun dalam praktiknya tak semudah yang diperkirakan, lho. Ingat, ada orang yang sangat menjaga betul privasi atau rahasianya, dan akan sangat menghargai orang yang bisa menjaga rahasianya. Jika Bujang Dare dikenal sebagai orang yang tak bisa menjaga rahasia, bukan tak mungkin orang akan "menjauhi" Bujang Dare, atau minimal tak akan gampang membuka diri. Bujang Dare tak akan dipercaya.
  3. Sambung silaturahmi. Jadwal yang padat dan kehidupan yang semakin cepat membuat hubungan antar-individu pun semakin renggang. Nah, jika Bujang Dare ingin orang menghargai, upayakan untuk selalu membuat kontak dengan mereka. Kadang-kadang, urusan silaturahmi menjadi sangat sederhana, sama sederhananya seperti meninggalkan SMS atau mengirimkan e-mail. Tapi, seringkali, urusan ini menjadi sangat sulit, jika Bujang Dare tak melakukannya degan penghargaan penuh terhadap arti hubungan, entah itu dengan saudara, teman atau sahabat. Kontak atau komunikasi tak harus elalu bertemu secara fisik. Menelepon, atau bahkan membelikan mereka hadiah-hadiah kecil, seperti buku, cokelat pun bisa bermakna sama.

Jangan lupa, ada pula 3 hal yang perlu dihindari dalam menjalin hubungan baik dengan orang-orang terdekat:

  1. Jangan pernah memojokkan. Tak seorang pun yang mau dipojokkan atau dinilai oleh temannya, apalagi jika penilaian itu negatif. Ingat, kebanyakan orang ingin diri mereka diterima dan diakui. Mereka yang bisa menerima orang lain secara apa adanya, biasanya akan punya banyak teman. Di dunia yang sangat keras, orang akan merasa nyaman bila berada bersama orang yang bisa menerima mereka, baik atau buruk. Dengan toleransi dan sikap menerima, orang akan menjadi terbuka dan betah bersama Bujang Dare. Intinya, orang butuh dihargai, dan jika bisa memenuhi keinginan itu, mereka pun akan menghargai Bujang Dare.
  2. Berbohong. Manusia pada dasarnya adalah makhluk egois. Buktinya, meski kita ikut merasa bahagia atas keberhasilan seseorang, seringkali kita juga merasa iri, kok keberhasilan itu tidak menjadi milik kita. Jadi, tak perlulah membual. Kalau memang kita belum berhasil, tak perlu mengarang-ngarang cerita bahwa kita sudah sukses. Ingat, pada saat Bujang Dare membual, dan orang tahu bahwa kita membual, itu berarti Bujang Dare sudah membuatnya merasa tak enak atau bahkan jengkel. Tak heran jika Bujang Dare pun lantas disingkirkan.
  3. Kerap memberi kritik. Jangan mengritik, karena tak seorang pun yang mau dikritik. Orang yang hobi mengritik, apalagi kritik yang negatif, akan dijauhi oleh lingkungannya. Jadi, jika Bujang Dare termasuk seorang yang hobi mengritik, usahakan jangan asal mengritik. Lihatlah tempat, waktu dan siapa orang yang Bujang Dare hadapi. Jika memang diminta, sampaikanlah kritik dengan cara yang benar. Justru Bujang Dare harus memiliki kemampuan mendengarkan orang lain. Seorang pendengar yang baik bisa dipastikan memiliki banyak teman. Tatap mata lawan bicara saat mereka berbicara, dan dengarkan baik-baik. Bahasa tubuh Bujang Dare juga sangat berperan. Orang akan tahu, apakah Bujang Dare memang mendengarkan dengan seksama atau pura-pura mendengar. Tawarkan pemecahan masalah atau ide baru yang orisinil, tanpa membuat penilaian pada mereka. Mengembangkan kemampuan mendengar akan membuat Bujang Dare menjadi orang yang dibutuhkan orang-orang di sekitar.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.