Tips 3/3: Terhindar godaan makanan penutup



Apakah Bujang Dare tengah menjalani diet penurunan berat badan? Biasanya mereka yang sedang diet kerap tidak tahan godaan untuk makan makanan manis seperti hidangan untuk dessert atau pencuci mulut. Godaan untuk menyantap dessert ini tidak hanya terjadi ketika makan di restoran. Saat di rumah pun masalah yang sama bisa dirasakan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari godaan makan dessert.
  1. Tunggu 15 menit. Setelah selesai makan, jangan segera mengambil dessert, tunggulah 15 menit. Biarkan makanan yang baru saja Bujang Dare makan diolah di dalam tubuh, dan Anda akan merasa kenyang. Jangan biasakan melahap dessert ketika selesai makan apabila ingin diet 
  2. Boleh menikmati desert asal .... Jika Bujang Dare memiliki seorang teman yang juga sedang berdiet dan ingin mencicipi makanan penutup, Bujang Dare bisa membelinya dalam porsi kecil lalu pisahkan menjadi dua bagian. Dengan begitu, Bujang Dare masih dapat menikmati kue, meski porsinya dibatasi. Perhatikan porsi makanan. Sesekali boleh saja mencicipi makanan penutup, namun perhatikan porsinya. Makanan penutup yang boleh dimakan saat berdiet adalah kue dengan potongan yang sangat kecil.
  3. Buat jadwal. Hidup itu harus dinikmati, termasuk mencicipi potongan kue sebagai dessert. Buatlah jadwal kapan Bujang Dare boleh memakan dessert, mungkin seminggu sekali atau dua kali dalam seminggu. Berdiet bukan berarti tidak boleh memakan makanan yang diinginkan, tetapi membatasi dan mengatur pola makan dengan baik dan benar.
3 hal yang perlu Bujang Dare hindari agar terjaga dari godaan makanan pencuci mulut:
  1. Lemari dapur penuh dengan cemilan. Cara terbaik yang dapat dilakukan agar diet berhasil adalah dengan mengosongkan dapur dari cemilan. Jangan simpan cemilan di dapur atau lemari makan, karena Bujang Dare tentu akan tergoda untuk mengambilnya. Dan ketika harus berbelanja ke supermarket, hindari lorong yang memajang cemilan, seperti kue-kue dan roti manis.
  2. Tidak menghabiskan hidangan utama. Sebagian besar wanita yang sedang berdiet akan selalu merasa bersalah setelah memakan makanan pencuci mulut (dessert). Salah satu cara terbaik agar tetap merasa kenyang tanpa mencicipi makanan pencuci mulut adalah dengan menghabiskan makananan utama. 
  3. Minum kopi. Mungkin Bujang Dare pernah berpikir untuk mengganti potongan kue dengan meminum kopi. Tapi, apakah Bujang Dare tahu bahwa kopi lebih banyak mengandung karbohidrat dari pada makanan penutup? Bahkan, ada yang kandungannya sama dengan cheese burger. Hindari moka, krim susu kental (whipped cream), dan susu. 
Susah-susah gampang ya kalau Bujang Dare ini penggemar makanan manis. Tapi, ngga ada salahnya mulai mencoba tips di atas mulai hari ini. Yuk, pilih makanan yang lebih sehat!


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: fridays.com.my

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.