Tips 3/3: Tubuh tetap aktif saat di kantor





Bujang Dare mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang menghabiskan waktu duduk seharian di kantor. Apakah Bujang Dare tahu terlalu lama duduk dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan kesehatan? Misalnya diabetes, obesitas dan serangan jantung.
Survei yang diadakan oleh Universitas Minnesota dan Mayo Clinic terhadap 30 karyawan dari Caldrea mengungkapkan bahwa karyawan yang bekerja sambil berdiri dalam beberapa waktu lebih sehat dan berenergi daripada yang duduk seharian penuh. Survei dilakukan dengan cara berdiri ketika bekerja selama beberapa jam dengan monitor pengawas agar mereka tidak duduk sampai waktu yang telah ditentukan. Haruskah berdiri beberapa jam saat sedang di kantor? Bujang Dare tidak perlu melakukan hal itu.
Simak 3 langkah di bawah ini yang dapat membantu tubuh Bujang Dare tetap aktif meskipun bekerja seharian di kantor,

  1. Jaga postur tubuh. Menurut Occupational Safety & Health Administration (OSHA), di Amerika, komputer yang berada seharian di depan Bujang Dare dapat menyebabkan sakit kepala. Pastikan komputer ada di posisi yang tepat untuk menjaga agar tangan tetap lurus dan siku menempel di meja. Supaya leher tidak pegal, layar komputer harus sejajar dengan mata. Kemudian, telapak kaki menempel di lantai dengan lutut menekuk 90 derajat. Duduk dengan angle 90 derajat akan membuat tubuh tetap tegak dan fit, juga mengurangi rasa stres karena pekerjaan. 
  2. Ganti alas duduk dengan permukaan yang tidak merata. Mungkin Bujang Dare sudah nyaman dengan kursi yang alasnya empuk dan rata. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti alas kursi dengan permukaan yang tidak datar. Anda bisa gunakan kursi balon atau kursi yang berbentuk bola. Jika Bujang Dare malu memakai kursi tersebut, bisa tambahkan bantal di atas alas duduk. Dengan begitu, otot di sekitar bokong hingga kaki akan lebih banyak bergerak. Jaga jarak mata Bujang Dare dengan komputer supaya tetap pada posisi yang pas.
  3. Manfaatkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan. Rilekskan tubuh Bujang Dare dengan berjalan-jalan. Jalan di sini bukan berarti Bujang Dare harus keluar kantor dan pergi ke tempat wisata. Bujang Dare dapat manfaatkan kesempatan untuk berdiri atau berjalan menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, Bujang Dare ingin bertanya kepada atasan tentang hasil kerja yang baru saja diselesaikan. Bujang Dare lebih baik menghampirinya langsung daripada harus mengirimkan email yang membuat Bujang Dare tidak banyak bergerak. Atau bisa juga dengan berdiskusi bersama rekan kerja sambil berdiri atau berjalan.

3 hal yang perlu Bujang Dare hindari agar tubuh bisa terus aktif walaupun seharian di kantor:

  1. Memakai lift/eskalator. Jangan manjakan diri dengan selalu menggunakan lift untuk mencapai ruangan Bujang Dare bekerja. Coba naik melalui tangga agar otot-otot lebih banyak beraktivitas. Dengan mendaki 3 hingga 5 tumpuan tangga dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh.
  2. Kurang gerak. Bujang Dare tidak harus berlari bermil-mil demi menghindari efek dari kebanyakan duduk. Bujang Dare bisa berolahraga di tempat, seperti stretching atau berbagai pose yoga yang membuat otot beraktivitas dan tidak kaku. Misalnya, angkat kedua tangan, lalu gerakkan ke kiri dan kanan. Atau letakan tangan di dagu, kemudian tengokkan ke kiri dan kanan. Setelah melakukan beberapa gerakan olahraga di tempat duduk, Bujang Dare akan merasa lebih segar serta mengurangi ketegangan saraf dalam tubuh, terutama bagian leher, punggung dan pinggang.
  3. Monoton hanya di dalam ruangan saja. Penat dan stress bisa datang saat pekerja terlalu sibuk memikirkan pekerjaan, rapat yang rutin dilaksanakan di ruang kantor. Coba untuk sekali-kali melakukan rapat di luar kantor. Hal ini bisa menjadi bagian yang dapat membuat Bujang Dare menghilangkan penat serta stres. Selain itu, Bujang Dare lebih sehat karena rapat yang dilakukan di luar dapat meningkatkan energi dan terhindar dari duduk yang terlalu lama.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.