Tips 3/3: Mengembalikan energi tanpa menggemukkan


Olahraga merupakan kegiatan wajib yang harusnya dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan tubuh. Namun biasanya, setelah berolahraga Bujang Dare menjadi kelaparan. Lalu, makanan/minuman seperti apakah yang baik dimakan untuk mengembalikan energi, tapi tidak membuat gemuk?
  1. Makanan dengan tinggi protein. Setelah berolahraga, konsumsilah makanan yang tinggi protein dan rendah lemak, karena protein sangat baik untuk membentuk otot. Bujang Dare bisa mencoba menu seperti tuna, kacang-kacangan, tahu, bahkan dada ayam panggang.
  2. Buah, yoghurt dan sayuran. Bujang Dare telah membakar banyak kalori ketika berolahraga, saatnya menggantikan kalori yang hilang dengan buah-buahan segar, yoghurt, dan sayuran. Yoghurt akan memberikan Anda protein, sementara gula alami dan antioksidan akan Bujang Dare dapat dari buah-buah segar. Misalnya buah pisang, buah ini banyak mengandung gula alami yang baik untuk penambah energi. Kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot. Serta kandungan antioksidannya untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. Mengonsumsi sayuran berwarna hijau sarat dengan nutrisi, yang dapat mengisi dan membangun kembali zat pada tubuh Bujang Dare yang hilang.
  3. Minum air. Setelah berolahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan dalam bentuk keringat. Untuk menghindari dehidrasi, segeralah minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Air putih adalah minuman terbaik sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Minuman manis jenis isotonik juga boleh dikonsumsi.
3 hal yang perlu Bujang Dare hindari:
  1. Makanan yang berlemak. Setelah berolahraga, namun keinginan untuk menyantap makanan berlemak pasti sulit dibendung. Apalagi, jika hobi olahraga tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan. Keinginan makan makanan berlemak merupakan tanda bahwa tubuh Bujang Dare memang kekurangan asupan lemak. Namun hal ini bisa disiasati dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan minyak zaitun.
  2. Minum sports drink. Jangan terburu-buru minum sports drink bila tubuh tidak benar-benar kehilangan elektrolit. Sebab, sports drink umumnya mengandung pemanis buatan yang tidak baik bagi tubuh. Cukup minumlah air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
  3. Makanan manis. Menahan keinginan untuk makan makanan manis memang terbilang sulit. Jika begitu menginginkannya, mungkin Bujang Dare sedang membutuhkan protein tambahan atau karbohidrat. Ingin makan gula merupakan tanda bahwa otak memberitahu kita, salah satu sumber energi dalam tubuh sudah menipis. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menyantap nasi merah atau gandum untuk membantu menjaga kadar gula darah. Konsumsi ikan, ayam, dan putih telur juga bisa membantu mengatasi masalah ini. Yang pasti, hindari makan besar setelah berolahraga, karena proses metabolisme tubuh sedang aktif, sehingga bila langsung makan besar kerjanya akan semakin berat dan melambat. Bila ingin makan besar, sebaiknya tunggu hingga satu jam setelah berolahraga.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: athleteinme.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.