Tips 3/3: Menyimpan bahan makanan di kulkas




Hampir bisa dipastikan, Bujang Dare pasti punya kulkas. Kulkas bisa menyimpan makanan, baik mentah maupun makanan jadi. Menyimpan bahan makanan di kulkas memang akan menjaga usia ketahanannya. Namun, caranya jelas tak bisa sembarangan atau makanan justru akan mudah rusak. Suhu kulkas sebaiknya pada kisaran ideal. Suhu normalnya antara satu derajat Celsius hingga lima derajat Celsius. Sementara, pengaturan suhu terbaiknya adalah 3,3 derajat Celsius dan 4,4 derajat Celsius. Kira-kira kayak gimana ya trik menyimpan di dalam kulkas? Ini dia:

  1. Bahan makanan. Makanan harus disimpan dengan cara yang benar sehingga udara dingin dapat bersirkulasi di sekitarnya. Makanan yang sama harus disimpan di rak yang sama sehingga saat dibutuhkan, Bujang Dare tahu dimana mencarinya. Bahan-bahan makanan berukura kecil, seperti keju, mentega, dan sebagainya, bisa disimpan pada rak bagian atas. Sementara, jangan pernah pernah menyimpan makanan panas di kulkas, tapi tunggu hingga suhunya mencapai suhu ruangan.
  2. Simpan sayuran dan buah. Buah dan sayuran harus disimpan secara terpisah karena bahan-bahan segar tersebut dapat menghasilkan gas tertentu yang dapat menyebabkan makanan lainnya membusuk. Karenanya, gunakan selalu rak-rak terpisah yang ada di kulkas. Atau bisa juga bisa menggunakan tempat yang tertutup rapat untuk kemudian disimpan dalam kulkas untuk dipergunakan selama tiga hari kedepan. Sebelum menyimpannya, buah tidak perlu dicuci terlebih dahulu supaya tidak merusak kulit luar. Faktor kelembapan bisa menyebabkan buah cepat busuk jika dicuci. Untuk pencucian, bisa dilakukan saat akan dikonsumsi. 
  3. Simpan daging dan telur. Daging adalah salah satu bahan makanan segar yang paling rentan terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, tindakan pencegahannya harus diambil saat proses penyimpanan. Daging harus disimpan segera sesusai dibeli. Bila tidak, bakteri akan tumbuh cepat. Telur harus disimpan dalam kemasan karton aslinya dan simpan di bagian atas kulkas. Bila disimpan dalam nampan di bagian dalam pintu kulkas, telur akan mudah busuk. Pasalnya, pintu merupakan bagian kulkas yang paling sering dibuka-tutup.
3 hal yang dihindari:

  1. Sering membuka pintu kulkas. Sebaiknya pintu kulkas tidak dibuka terlalu sering atau dalam waktu lama. Jika banyak udara hangat masuk ke dalamnya, maka embun beku bisa terakumulasi pada sistem pendingin.
  2. Simpan cokelat di freezer. Cokelat tidak boleh disimpan dalam freezer karena ketika berada di bawah suhu normal, terjadilah proses kondensasi, yang memunculkan embun di atas cokelat. Alhasil, permukaan cokelat pun kasar. Oleh karena itu, cokelat harus disimpan dalam suhu dingin dan dibungkus dengan benar. Bila suhu kulkas tergolong tinggi, bungkus cokelat dalam wadah kedap udara lalu simpan di rak kulkas.
  3. Lupa membersihkan kulkas. Bersihkan kulkas secara rutin, minimal sebulan sekali. Selalu matikan kulkas sebelum dibersihkan, cabut arus listriknya, angkat semua perlengkapan kulkas, jangan semprotkan air panas untuk membersihkan kulkas, gunakan kain lap bersih dan bertekstur lembut, lalu bilas dengan air hangat. Jangan gunakan penggosok bubuk, deterjen, ataupun bahan kimia untuk membersihkan kulkas. Kulkas harus benar-benar kering saat Bujang Dare membersihkannnya, juga ketika mengembalikan bahan makanan setelah kulkas dibersihkan.



Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi



Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.