Tips 3/3: Mencuci wajah


Mencuci wajah dengan benar adalah langkah awal dan krusial dalam merawat kulit wajah. Selain nutrisi produk perawatan kecantikan akan lebih mudah meresap, kulit yang bersih dan sehat akan membantu aplikasi riasan wajah semakin lembut hasilnya. Berikut 3 hal yang perlu Bujang Dare tahu tentang mencuci wajah:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian ambil kapas untuk membersihkan wajah. Gunakan lotion pembersih wajah sebelum cuci muka dengan air. Ingat, Bujang Dare harus  selektif dalam memilih pembersih yang tepat sesuai jenis kulit. Jika memiliki kulit kering, gunakan krim pembersih. Lakukan pembersihan kulit secara rutin dua kali sehari.
  2. Teknik yang benar. Awali dengan membasahi kulit wajah dengan air hangat, ambil sedikit facial foam, oleskan ke wajah dengan gerakan memutar ke arah atas lalu ke bagian tengah wajah dan ke arah luar secara merata. Bilas wajah dengan air dingin. Tak perlu digosok kuat, tapi yang penting lakukan secara merata, agar tak ada sisa riasan yang terbawa tidur dan besoknya Bujang Dare harus bangun dengan jerawat baru.
  3. Pilih wangi yang menenangkan. Pembersih wajah dengan wangi buah atau bunga memang menyenangkan. Tapi, bila pewangi ini mengandung alkohol atau zat pewangi sintetis kadang tidak bersahabat di kulit sensitif. Bagi Bujang Dare yang memiliki riwayat wajah sensitif atau mudah kering sebaiknya hindari jenis ini. Pembersih wajah dengan kandungan alami (bebas alkohol) dan berjenis aromatherapy lebih banyak memberi manfaat kesegaran. Wanginya yang lembut dan menenangkan, pasti ampuh mengembalikan mood yang telah lelah beraktifitas seharian.

Ini dia 3 hal yang perlu dihindari:

  1. Membersihkan wajah terlalu sering. Mungkin Bujang Dare berpikir jika membersihkan wajah berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih Tetapi apakah Bujang Dare tahu, membersihkan wajah terlalu sering justru akan berbahaya? Jika Bujang Dare membersihkan wajah lebih dari 2 kali dalam sehari, maka secara tidak langsung produksi minyak alami yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan seimbang, terkikis. Untuk memberapa kondisi wajah, kulit bisa berubah menjadi kering atau bahkan malah berminyak. Tetaplah bersihkan wajah Bujang Dare dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur.
  2. Memilih produk yang wangi. Sebagian besar wanita menyukai produk pembersih yang mengandung aroma, seperti buah, bunga, mint, dan semacamnya. Tapi permasalahannya adalah jika Bujang Dare membeli produk-produk pembersih yang mengandung banyak aroma, dipastikan produk tersebut banyak mengandung bahan yang tidak alami atau wewangian sintetik. Apabila kulit Bujang Dare sensitif atau rentan terhadap iritasi, pilihlah produk tanpa pengharum atau yang berasal aroma wangi dari alam, dibandingkan bahan kimia.
  3. Menggunakan suhu air yang salah. Air dingin mungkin akan membuat Bujang Dare menjadi segar dan air panas akan membuat merasa lebih nyaman, tapi menggunakan suhu air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin adalah pilihan tepat. Air yang panas akan membuat kulit menjadi kering, sementara air yang dingin tidak akan membuka pori-pori kulit wajah. Oleh sebab itu, cucilah wajah dengan air hangat.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: tiffanynolimits.blogspot.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.