Tips 3/3: Bantuan atasi flu


Memasuki musim hujan, tak heran jika penyakit flu jadi lebih sering dialami. Banyak orang yang mengatasinya dengan meminum obat antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun tahukah Bujang Dare, bahwa ada 3 cara lain yang cukup unik tetapi bisa bantu atasi flu?

  1. Mendengarkan musik jazz. Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik jazz selama 30 menit meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) yang merupakan protein kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi. IgA bertempat di mukosa yang merupakan pembatas hidung, mulut, tenggorokan, dan daerah tubuh lainnya dan berfungsi sebagai antibodi yang mencegah virus.
  2. Olahraga ringan. Latihan ringan dapat menghasilkan efek anti-inflamasi (dapat menghilangkan radang yang bukan disebabkan oleh infeksi) dan kemudian mengurangi resiko dari infeksi. Latihan ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh. Jika healthland.time.com malas berolah raga, minumlah teh yang dapat menghasilkan keringat yang sama-sama berfungsi untuk menaikkan suhu tubuh.
  3. Segelas air kelapa. Saat sedang flu dan demam tubuh kehilangan banyak cairan, untuk itu cairan tubuh harus digantikan kembali dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung elektrolit. Air kelapa adalah sumber elektrolit yang baik. Selain air kelapa, elektrolit juga bisa didapatkan dari garam, dan pisang.
Ada yang perlu dituruti, ada pula 3 hal yang perlu dihindari saat flu:

  1. Paparan udara dingin. Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkit tubuh kita apabila ketahanan tubuh kita semakin melemah. maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang sudah masuk akan bisa di basmi atau di tumpas secara alami, sehingga kita batal jatuh sakit flu.
  2. Malas mencuci tangan. Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh kita melalui aktifitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah di pelajari sewaktu SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang di sentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.
  3. Kurang istirahat. Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama disaat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. minum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau.


Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Foto: healthland.time.com

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.