Tips 3/3: Atasi Amarah


3/3

Marah adalah emosi yang muncul, ketika terjadi suatu rangsangan berupa ancaman atau ketidaksesuaian dengan harapan dari pihak luar. Marah dapat menghabiskan energi yang dan membuat perasaan menjadi tidak karuan. Setiap orang pasti pernah atau mungkin sering, merasakan marah yang menggebu-gebu. Sayangnya, tidak semua orang bisa mangatasi atau melampiaskan marah dengan cara yang sehat. Ini dia tips yang bisa Bujang Dare tiru untuk mengatur emosi dan amarah.

a. Atur Nafas

Cara yang paling cepat saat Bujang Dare mulai emosi adalah dengan menarik napas dalam-dalam dari diafragma. Hal baik dilakukan karena dapat memberikan oksigen ke otak dan kemudian mengendurkan otot yang tegang. Teruslah mengatur nafas sambil mengatakan hal-hal yang menyenangkan. Carilah udara segar dan tempat yang sepi untuk menghindari bertemu dengan orang-orang yang terlibat dalam permasalahan. Carilah situasi yang membuat Bujang Dare tidak mudah terprovokasi. Dengan begitu, Bujang Dare akan memiliki cukup waktu untuk menenangkan diri dan berpikir jernih untuk membuat keputusan.

b. Komunikasi

Ekspresikan kemarahan Bujang Dare dengan cara yang tegas dan jelas, tetapi tidak terlalu agresif. Jelaskan alasan mengapa Bujang Dare marah dan apa yang sebenarnya diinginkan. Jika hal itu sulit dilakukan karena emosi yang terlalu menggebu-gebu, ada baiknya jika Bujang Dare berbicara kepada orang lain yang dekat dengan Anda, sahabat misalnya. Bujang Dare juga dapat menulis apa yang Bujang Dare rasakan pada buku harian atau sejenisnya.

c. Humor

Ada saatnya Bujang Dare harus benar-benar terlepas dari ketegangan dan mencari sesuatu untuk membuat mood kembali baik, solusinya adalah humor. Temui teman Bujang Dare yang memiliki selera humor yang baik. Ia akan memberikan Bujang Dare hiburan dan membantu Bujang Dare keluar dari perasaan stres. Selain itu, menonton film bergenre komedi bisa menjadi salah satu alternatif.

3 hal yang dihindari

a. Jangan sembarangan menumpahkan

Jangan perlihatkan kekesalan Bujang Dare kepada seseorang yang tidak bersangkutan dengan kekesalan Anda. Karena dengan memperlihatkan kekesalan Bujang Dare kepada orang yang tidak bersangkutan tersebut malah akan membuat orang tersebut merasa bahwa Bujang Dare sedang marah kepadanya, ia akan merasa bersalah padahal tidak.

b. obat-obatan kolesterol atau tidur

Statin yang diresepkan sebagai obat kolesterol tinggi menimbulkan efek samping yang menyebabkan seseorang mudah kehilangan kesabaran. Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas California, statin akan membuat serotonin lebih rendah, yang menyebabkan peningkatan depresi dan kematian. Obat-obat tidur seperti Benzodiazepin bekerja dengan memperlambat berbagai fungsi otak. Dengan pengurangan beberapa fungsi, obat tidur ini bisa menambah kemarahan seseorang.

c. depresi

Menurut Paulus Blenkiron, seorang psikiater di Bootham Park Hospital, York, akibat depresi seseorang dapat merasa sangat marah, gelisah serta menyebabkan perasaan tidak berharga, malu atau merasa bersalah.

Simak Kericau Pagi di Radio Volare Pontianak, FM 103.4, dari Senin-Jumat, pukul 06.30-07.00 bersama @febiresi

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.