Tips 3/3: Gunakan Ponsel dengan Baik


3/3

Ponsel atau HP sebagai perangkat telekomunikasi pastilah memiliki banyak manfaat. Teknologi ini memungkinkan kita berkomunikasi dgn mudah. Selain itu, ponsel masa kini, seperti smartphone telah memiliki berbagai fitur yang bermanfaat. Maka penggunaan ponsel secara tepat akan memiliki banyak manfaat positif. Namun, mengingat banyak jg dampak negatif yang bisa disebabkan penggunaan ponsel, maka bagaimana menghindari dampak tersebut sewaktu menggunakan ponsel? Berikut ini beberapa saran praktis yang bisa Bujang Dare terapkan sewaktu menggunakan ponsel.

a. fokus kepada lawan bicara di ponsel
Saat Bujang Dare memang sedang fokus berbicara dgn menggunakan perangkat telekomunikasi seperti ponsel, lakukan itu memberi fokus kepada pembicaraan lawan bicara Bujang Dare  Komunikasi via ponsel dilakukan secara verbal dan bukan visual, sehingga perlu perhatian penuh saat lawan bicara Bujang Dare berbicara untuk menghindari kesalahpahaman.

b. mematikan ponsel saat...
Matikan ponsel Bujang Dare saat sedang melakukan wawancara kerja, presentasi, pertemuan dgn direksi, dan beberapa tempat lainnya yang menuntut suasana senyap dan hening. Penggunaan ponsel di pesawat terbang jg dilarang untuk menghindari gangguan perangkat navigasi pesawat. Gunakan pengamatan Bujang Dare,  apakah Bujang Dare berada di situasi yang menuntut untuk mematikan ponsel Bujang Dare.

c. Jaga jarak
Jika Bujang Dare sedang berbicara dgn ponsel, jaga jarak minimal 3 meter dgn orang lain agar tidak mendengar pembicaraan Bujang Dare. Jika Bujang Dare berdiri atau berada di dekat orang lain, akan membuat orang lain mau tidak mau mendengarkan urusan pribadi Bujang Dare.

3 hal yang dihindari

a. berbicara dgn suara keras di ponsel
Hindari berbicara dgn ponsel dgn suara terlalu keras, khususnya jika Bujang Dare berada di tempat umum (public area). Hal ini akan menarik perhatian orang-orang pada diri Bujang Dare dan bisa menimbulkan gangguan bagi beberapa orang. Selain itu, mikropon dalam ponsel mampu menangkap suara yang lembut sekalipun, sehingga tidaklah perlu berteriak atau bersuara keras saat menggunakan ponsel Bujang Dare.

b. menerima telepon atau mengirim SMS sambil mengemudi
Jangan menggunakan ponsel untuk berbicara saat mengemudikan kendaraan apalagi mengetik dan mengirim SMS. Hal ini sangat berbahaya. Karena saat Bujang Dare berbicara melalui ponsel, Bujang Dare sama lengahnya dgn seorang pemabuk. Apalagi jika Bujang Dare mengetik SMS, maka tingkat kewaspadaan Bujang Dare akan jauh berkurang. Prinsipnya adalah fokus mengendarai kendaraan Bujang Dare saat sedang berkendara lalu fokus menelpon saat tidak mengemudi.

c. Melakukan pembicaraan pribadi di ponsel.
Jangan membicarakan hal pribadi dgn menggunakan ponsel di tempat yang ada orang lain, misalnya saat berada di ruang rapat, ruang kerja yang digunakan bersama-sama, atau bahkan di tempat umum seperti di dalam bus, kereta api, halte, dan lainnya. Jika Bujang Dare  harus segera menyelesaikan pembicaraan tersebut, bicaralah secara singkat dan telepon kembali segera setelah Bujang Dare keluar ruangan lalu lanjutkan pembicaraan pribadi tersebut.
Semoga bermanfaat!

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Radio Volare. Powered by Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.